Menuju Program Ekonomi Mandiri, Suparlan: PCNU Kubar Utamakan Warga Nahdliyin se-Kubar

SENDAWAR, Swarakaltim.com – Mengawali rasa syukur atas terpilihnya Harun Miftahul Arif, S.Pd, sebagai Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), pada 14 Maret 2022 kemarin, dengan menggantikan Gus Shaiful sebagai ketua lama.

Kepada wartawan pria akrab disapa Harun ini menegaskan, untuk program kerja 5 tahun kedepan, dirinya berkeinginan untuk memajukan NU Kubar di sektor pengembangan dakwah, ekonomi pendidikan, keagamaan dan kebangsaan dalam menjaga kerukunan umat  beragama di Bumi Sendawar.

Ketua PCNU Kubar, Harun Miftahul Arif, S.Pd

“Sebelumnya kita akan fokus pada program untuk memperkuat kepengurusan hingga ke level tingkat ranting yang sudah dibentuk di 15 Kecamatan,” jelas Harun disela Safari Ramadhan PWNU Kaltim dengan PCNU Kubar, serta Banom dan Lembaga NU di Sekretariat PCNU Kubar Kampung Srimulyo, Kecamatan Sekolaq Darat, Kamis (14/4/2022).

Harun menjelaskan apabila PCNU sudah dapat memperkuat bidang perekonomian. Maka kemandirian salah satu organisasi keagamaan di Bumi Tanaa Purai Ngeriman ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Diantaranya memperkuat perekonomian melalui kerjasama di bidang peternakan dengan Koperasi Berkah Salama Jaya sebagai produsen bidang peternakan dan penggemukan sapi di Kaltim.

“Jadi, kalau misalnya NU mau mengadakan acara dan kegiatan tidak lagi berpikir bagaimana mencari uang. Ini program prioritas lima tahun kedepan, sehingga pada sektor-sektor tersebut akan lebih dikembangkan dengan kerjasama semua komponen, terutama warga Nahdliyin se-Kubar,” tandas Harun.

Kata dia, dirinya dalam waktu dekat akan menggelar konsolidasi PCNU se-Kubar, guna mempersiap sejumlah program prioritasnya dan soliditas kader pengurus Mejelis Wakil Cabang (MWC-NU) tingkat kecamatan, hingga pembentukan pengurus ranting di setiap kampung.

“InsyaAllah dalam waktu dekat ini, kami akan mengadakan konsolidasi PCNU se-Kubar, yang poin utamanya membahas program prioritas dan soliditas kesiapan kader-kader NU Kubar dalam menghadapi tantangan dan kemajuan zaman di era globalisasi,” tukasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kubar Suparlan, S.Pd.I mengatakan, bahwa Ansor menilai NU selama ini telah berhasil membangun tradisi kepemimpinan yang sangat baik. Oleh karena itu, GP-Ansor selaku Badan Otonom (Banom) NU mendukung semua program dari kepimimpinan yang baru (Harun Miftahul Arif).

“Secara khusus GP-Ansor Kubar juga mengharapkan atas kepemimpinan sosok muda Harun Miftahul Arif yang memiliki jaringan luas, memiliki komitmen kuat memajukan NU dan responsif terhadap perubahan zaman dengan mengedepankan warga Nahdliyin yang ada agar mendapatkan berkah dari program PCNU Kubar kedepan,” tandas Suparlan yang juga Ketua PSHT Pusat Madiun Cabang Kubar ini kepada wartawan.

Menurut dia, saat ini PCNU Kubar membutuhkan pemimpin visioner di dalam masyarakat yang memasuki era digital, sehingga dapat memanfaatkan media untuk menebarkan Islam Rahmatan Lilalamin (rahmat untuk semesta alam).

“Oleh karena itu NU sangat membutuhkan peningkatan SDM yang handal dan mampu bersaing demi kemajuan organisasi, untuk membawa kemajuan NU dan bermanfaat bagi warga nahdliyin dan masyarakat Kubar. Intinya, kita mendukung program terbaik PCNU Kubar,” tegas Suparlan yang juga Direktur PT Berkah Salama Jaya itu.

Diketahui usai kegiatan safari ramadhan itu, Koperasi Produsen Ternak PT Berkah Salama Jaya, menyerahkan dana bantuan sosial kepada perwakilan MWC di 15 Kecamatan yang hadir. Penyerahan bantuan itu diserahkan Wakil Ketua PWNU Kaltim H Safarudin dan K.H Buechori Noer, Bupati Kubar diwakili Kadishub H Rahmad, Perwakilan Polres dan Kodim 0912 Kubar, serta Anggota DPRD Kubar Suharna.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi

Publisher : Rina

Bagikan:

Related posts