Disdikbud Balikpapan Membuka Tiga Kelas di SMPN 25

BALIKPAPAN,Swarakaltim.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan akan membuka tiga ruang kelas baru atau rombongan belajar (rombel) di SMPN 25 Kecamatan Balikpapan Barat. Dibukanya Rombel di SMPN 25 ini, guna mampung jumlah pelajar pada PPDB yang dianggap kurang tahun di wilayah Balikpapan Barat.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan Purnomo, saat ini proses pengerjaan proyek pembangunan SMPN 25 di Kecamatan Balikpapan Barat masih terus berjalan. Dan saat ini proses pengerjaannya mencapai 32 persen. “Progres proyek pembangunan SMPN 25 32 persen, “ kata Purnomo kepada awak media.Kamis (11/5/2022).

Purnomo menjelaskan, untuk target penyelesaian pembangunan gedung sekolah tersebut dapat dirampungkan pada akhir tahun 2022 ini. Namun PPDB sudah dapat dilaksanakan pada penerimaan peserta didik baru tahun ini. “Sehingga masalah kekurangan daya tampung fasilitas pendidikan di kawasan tersebut dapat diatasi,” tegasnya

Lanjut Purnomo, untuk SMPN 25 sudah dapat melaksanakan PPDB untuk tahun ini. Namun siswanya akan titipkan terlebih dahulu di SDN 004 Balikpapan Barat yang lokasinya dekat dengan SMPN 25.

“Jadi nanti peserta didik yang diterima di SMPN 25 akan masuk siang. Begitu bangunan SMPN 25 sudah selesai dibangun kita akan pindahkan kembali. Rencananya akan ada tiga rombel yang akan dibuka untuk kelas 7 di SMPN 25 tahun ini. Satu rombel akan diisi dengan 27 siswa. Sehingga total peserta didik baru yang diterima mencapai 81 peserta didik,” terangnya.

Menurut Purnomo, memang targetnya di tahun 2023, bangunan SMPN 25 sudah bisa digunakan secara keseluruhan untuk pelaksanaan penerimaan peserta didik baru atau PPDB.

Purnomo menambahkan, pihaknya optimis tahap pelaksanaan pembangunan SMPN 25 sudah dapat selesai di Desember 2022. Karena penganggarannya sampai dengan APBD Perubahan 2022.

“Sehingga di tahun 2023 mendatang, pihaknya sudah bisa mempersiapkan SDM-nya. Sesuai rencana kelas yang dibangun sebanyak 18 buah, namun untuk pembukaannya akan dilakukan secara bertahap,” tutur mantan Kadinsos Balikpapan ini.

Selain itu, ia menjelaskan terkait anggaran pembangunan SMPN 25 Balikpapan tersebut sebesar Rp 49 miliar. Dimana nantinya memiliki 18 ruang kelas belajar. Sehingga masing-masing kelas untuk SMP dari 1, 2 dan 3 memiliki enam ruangan.

“Bangunannya cuman satu lantai saja, namun ruangannya banyak. Dan anggarannya sebesar Rp 49 miliar, sehingga kami berharap agar bisa selesai di akhir tahun.Sementara, Pemerintah Pusat nantinya juga akan membagikan Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp 25 miliar yang disediakan untuk kegiatan fisik maupun non fisik ditahun mendatang.,”tutupnya.(*/TL)

Loading