Bentuk Peduli Sektor Pertanian, Bupati Kukar Bagi laptop dan Seribu Baju Seragam Ke Petani Serta Siapkan Anggaran 150 Milyar Tahun ini.

TENGGARONG, Swarakaltim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya meningkatkan produksi di sektor pertanian, dan beragam bentuk Pemkab kukar telah memberikan bantuan kepada para petani di seluruh Kabupaten Kukar ini.

Dan belum lama ini Pemkab Kukar dibawah kepemimpinan Edi Damansyah kembali memberikan perhatian penuh kepada para petani di kukar, dan kali ini bagi para petani yang berprestasi mendapatkan kesempatan untuk menerima penghargaan dari Bupati Kukar berupa sebuah Laptop kepada 59 Petani yang berprestasi.

Pembagian Laptop ini sekaligus dalam rangkaian agenda Bupati Kukar silaturahmi dengan para Penyuluh Pertanian Lapangan, penyuluh swadaya, Kelompok Wanita Tani (KWT), pemuda tani milenial, dan Kontak Tani Nelayan Andalan se-Kukar di Taman Teknologi Pertanian (TTP) Desa Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang, Senin (16/5/2022).

Saat memberikan sambutannya, Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan bahwa guna memajukan usaha pertanian di wilayah kukar, para pelaku tani tersebut bersama Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kukar harus bekerjasama dan melakukan perubahan pola kerja dengan menggunakan data.

“Bantuan laptop tersebut diberikan sebagai apresiasi kepada para pelaku dan penggerak pertanian di Kukar, serta diharapkan dapat digunakan sebagai sarana di era digitalisasi, seperti memasarkan secara online serta untuk pengelolaan data agar lebih baik lagi,” lanjutnya.

“Dan seperti kita simak dari paparan Kepala Distanak Kukar terkait konsep perencanaan strategis (Renstra) dan pembangunan pertanian dalam arti luas di Kabupaten Kukar sangat bagus, namun dalam penyusunan anggaran 2023 nantinya, harus memiliki data yang lengkap dan sesuai renstra tersebut,” ucapnya.

“Pertanian ini merupakan sektor andalan di Kukar dan menjadi target Pemkab untuk terus meningkatkan produktivitas dan mengatasi permasalahan yang hadapi saat ini,” katanya.

“Di Kukar ada 5 titik kawasan yang mencapai sekita 8.100 Hektar, yakni di Kecamatan Marangkayu, Loa Kulu, tenggarong, Tenggarong Seberang, Sebulu serta di Kecamatan Muara Kaman, dan ini saya inturksikan kepada Kepala Distanak Kukar agar segera melakukan percepatan produktivitas, dan kalau bisa dala setahun 4 kali panen,” tegasnya.

“Dan Jika di 5 titik kawasan ini berhasil, akan dilanjutkan ke wilayah Kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Kukar,” tuturnya.

“Sebagai bentuk komitmen Pemkab Kukar disektor pertanian salah satunya dengan menganggarkan 150 milyar di tahun 2022 ini, dan diharapkan bisa membantu Distanak Kukar, serta dapat bekerja dengan serius,” pesannya.

“Yang paling utama yakni perubahan pola pikir kedepan dan harus bekerja dengan data lengkap dengan dokumen perencanaan yang sistematis terukur serta terstruktur,” harapnya.

“Saya juga berharap dapat melakukan perubahan budaya kerja, yang dulu PPL nya tidak aktif, mulai saat ini harus lebih aktif dilapangan,” urainya.

Di tempat yang sama, Kepala Distanak Kukar Sutikno menambahkan bahwa selain mereka mendapat penghargaan dari Bupati Kukar, kelopok tani mereka juga mendapatkan bantuan 1000 baju lapangan kepada KTNA Kukar.

“Dalam mensukseskan visi misinya Bupati Kukar yakni target Indek Pertnaman (IP), tentunya harus menyiapkan sarana dan prasarananya, terutama jaringan irigasi, jalan usaha tani, embung dan lainnya,” imbuhnya.

“Dan generasi muda atau pemuda milenial menjadi penentu kemajuan pertanian di masa depan, yang diharapkan mereka mempunyai inovasi serta gagasan kreatif yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan pertanian,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu penerima penghargaan Bupati Kukar berupa sebuah laptop, Ketua KWT Kecamatan Tenggarong Seberang Sumariah mengucapkan terima kasih atas pemberian laptop ini.

“Sebelumnya kami menggunakan laptop pribadi dan dengan adanya penghargaan ini, kami bisa mengerjakan serta mengolah data bersama-sama dengan para wanita yang bergabung di KWT kami ini,” sambungnya.

“Dan kami juga akan lebih tertata dalam membuat laporan dan lainnya,” pungkasnya. (AI)

Loading