PT Pertamina Patra Niaga Jamin Pasokan Bahan Bakar Untuk Penerbangan Haji Tahun 2022

BALIKPAPAN,Swarakaltim.com – PT Pertamina Patra Niaga memastikan 100 persen siap, memberikan pelayanan penerbangan haji tahun 2022 melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

“Untuk layanan penerbangan haji tahun 2022 telah siap 100 persen diantaranya layanan pengisian bahan bakar pesawat udara. Adapun 4 layanan pengisian bahan bakar pesawat dengan kapasitas 40 KL untuk penerbangan Bandara Sepinggan mencapai 7 kloter, sama halnya penerbangan di Banjarmasin mencapai 7 kloter,” kata Demikian diungkapkan Region Manager Coorporate Operation and Services, Albert Effendi usai doa bersama layanan perdana penerbangan haji tahun 2022 di area keberangkatan bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Selasa(21/6/2021).

Albert menjelaskan, pihaknya tidak hanya melayani bahan bakar pesawat, namun pihaknya telah menyiapkan personel secara khusus dengan tim satgas pelayanan penerbangan haji, yang mana pada penerbangan haji tahun ini semuanya tidak langsung ke Jeddah, melainkan transit ke Bandara Kualanamu dengan perjalanan 2 jam / dengan pengisian bahan bakar sekitar 25 KL.

“Untuk pemulangan jamaah haji yang penerbangan Jeddah ke Balikpapan ke membutuhkan bahan bakar cukup banyak sekitar 60 KL per pesawat dengan tipe pesawat airbus 330,” tegasnya.

Albert menjelaskan, saat stok total bahan bakar mencapai 3x1000KL di Bandara Sepinggan dapat melayani seluruh penerbangan bukan hanya melayani haji saja. Kendati demikian, meskipun terdapat peningkatan pemberangkatan, penggunaan bahan bakar tidak mengalami kenaikkan yang signifikan hanya sekitar 2-3 persen, sementara pada saat pemulangan jamaah haji baru ada kenaikan penggunaan bahan bakar sekitar 12 persen hingga 15 persen.

“Pertamina Patra Niaga tidak sendiri disetiap kegiatan di Bandara ini, / melainkan juga melibatkan seluruh komunitas yang ada di Bandara udara sesuai tugasnya masing masing yang ada di bandara sepinggan. Rencananya petugas mulai berada di Bandara sepinggan sejal 22 Juni hinngga 30 Juni untuk proses pemberangkatan calon jamaah haji,” ujarnya.

Sementara itu, GM Angkasa Pura 1 Balikpapan – Rika Danakusuma, bandara SAMS Sepinggan Balikpapan telah siap memfasilitasi keberangkatan calon jemaah haji ke tanah suci mekkah. Namun demikian, untuk kesiapan calon jemaah haji sudah di skrining baik dari Imigrasi dan Beacukai dari segi kelengkapan admitrasi di Asrama Haji sebelum berangkat ke bandara.

“Calon jemaah haji akan diberangkatkan melalui bandara SAMS Sepinggan Blaikpapan. Nantinya calon haji dari asrama haji langsung menggunakan bus dan langsung ke pesawat menggunakan jalur khusus dan tidak melalui terminal. Hal ini dilakukan guna memudahkan mereka. Adapun pesawat yang digunakan menggunakan pesawat garuda tipe 330,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan, Kabag Sosial kota Balikpapan Sukaryanto. Menurutnya, pemerintah kota mendukung sepenuhnya adanya doa bersama layanan perdana penerbangan haji tahun 2022 ini, mengingat selama 2 tahun tidak ada keberangkatan haji dikarenakan Covid 19. “Acara doa bersama ini merupakan wujud ketaqwaan kita kepada allah swt. Karena semaksimal apapun perencanaan dalam melaksanakan ibadah haji tetap meminta ridha allah, agar perjalanan tetap lancar,” tutupnya.(*/db)

Bagikan:

Related posts