Berantas Penyalahgunaan Narkoba. Wagub Minta Masyarakat Pro Aktif Melapor

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Wakil Gubenur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi berharap masyarakat bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) dan kepolisian serta instansi terkait untuk aktif memberantas narkoba.

“Narkoba adalah musuh bangsa, musuh negara dan musuh kita bersama,” kata Wagub Hadi Mulyadi saat Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Halaman Parkir Gelora Kadrie Oening Samarinda, dikutip swara kaltim melalui berita Biro Adpim, baru-baru ini.

Menurut dia, sinergi, dukungan dan kerja sama antara masyarakat dan aparatur negara dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba sangat diperlukan.

Karena pada level masyarakat bawah pada tingkat RT, diakuinya, lebih mengetahui jika ada warga yang menggunakan narkoba.

“Mereka harus laporkan secara aktif jika mengetahui ada warga yang terlibat narkoba, baik itu pemakai maupun pengedar,” ujar Hadi.

Orang nomor dua Benua Etam ini pun meminta jajaran BNN provinsi hingga kabupaten dan kota untuk terus menyosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat.

Khususnya kepada pelajar dan anak didik serta mahasiswa sebagai generasi milenial dan penerus bangsa.

“BNN harus proaktif mensosialisasikan bahaya narkoba ke anak didik kita, dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi,” tegasnya.

Peredaran dan penyalahgunaan narkoba bagi mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini sudah merambah hingga merasuki kesendi-sendi kehidupan bangsa.

“Tidak mustahil anak didik kita ini tidak tau barang haram itu, lalu coba-coba, terus kecanduan. Itu bahaya, ancaman bagi generasi penerus kita,” ungkapnya.

Selain itu, Wagub mengingatkan mereka yang sudah terlanjur pengguna narkoba terlebih kecanduan untuk melaporkan diri secara sukarela ke aparat hukum maupun petugas BNN.

“Sehingga segera mendapat perawatan dan rehabilitasi secara baik, guna mempercepat proses kesembuhan,” pesan suami Hj Erni Makmur ini. (aya/sk)

Loading