Gubernur Isran Puji Kesetiaan Rakyat Kaltim Untuk NKRI

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Gubernur Isran Noor memuji kesetiaan rakyat  Kalimantan Timur (Kaltim) untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pujian itu dilontarkan Gubernur Isran Noor di depan Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Muhammad Mardiono  pada Harlah Ke-50 PPP di Balikpapan, dikutip Swara Kaltim melalui berita Biro Adpim Setprov Kaltim, Senin (23/1/2022).

Gubernur  menjelaskan Kaltim adalah  wilayah integral Republik Indonesia. Kaltim berlimpah sumber daya alam dengan kontribusi ratusan triliun rupiah untuk devisa negara setiap tahunnya.

Bukan hanya berlimpah sumber daya alam, Kaltim juga memiliki rakyat yang begitu setia kepada republik ini. Bukti kepatuhan dan ketaatan itu dibuktikan dengan terus  berbakti sepanjang usia republik Indonesia. “Kaltim punya sumber daya alam berlimpah. Tapi tidak ada satu pun rakyat Kaltim yang tidak setia,” puji Gubernur.

Sejak Indonesia merdeka, Kaltim sudah  menjadi sumber devisa dari hasil minyak dan gas, kayu terbaik, hingga penghasil batu bara terbaik dan terbesar di Indonesia. Meski cukup lama Kaltim diberikan ketidakadilan, tidak pernah ada rakyat Kaltim yang mau merdeka. 

Kaltim tetap memberi ekspresi atas kebijakan negara yang dinilai tidak adil. Namun semua protes itu dilakukan dengan  cara konstitusional. Salah satunya dengan melakukan judicial  review UU 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Rakyat Kaltim tak pernah anarkis, apalagi sampai berjuang dengan mengangkat senjata untuk melawan ketidakadilan pusat. “Kalimantan Timur sampai sak iki ora ada konflik.  Karena apa? Karena rakyat Kaltim pandai bersyukur dan pandai berterima kasih kepada sesama anak bangsa,” beber Gubernur. (aya/sk)

Bagikan:

Related posts