Kampung Muara Beloan Siap Wakili Kubar dalam Lomba Dasawisma Tingkat Provinsi

SENDAWAR, Swarakaltim.com – Muara Beloan sebagai peraih juara pertama administrasi dasa wisma tingkat Kubar mengikuti lomba tingkat Kaltim 2023. Capaian ini mengharuskan Muara Beloan harus mempersiapkan banyak hal.

Ketua PKK Muara Beloan Vherra Solita mengatakan, hal ini berkat bimbingan dan arahan, dari TP-PKK Kabupaten Kubar, sehingga bisa meraih prestasi lomba administrasi dasa wisma mewakili Kubar tingkat Kaltim 2023.

“Ini juga berkat arahan dan peran PKK Kecamatan Muara Pahu, bahwa dari 12 kampung dalam wilayah ini telah dipercayakan kepada PKK Muara Beloan untuk mengikuti lomba. Intinya kami harus bekerja keras mempersiapkan diri dalam kompetisi ini,”tutur Vherra.

Kata Vherra, prestasi ini bukan sebaliknya mengusungkan dada karena menjadi juara pertama tingkat Kabupaten Kubar. Melainkan justru sebaliknya prestasi ini menjadi tantangan agar bisa lebih baik lagi.

“Saya bersyukur atas kepercayaan ini ternyata Muara Beloan meraih juara pertama dan dipercayakan lagi mewakili Kubar di tingkat Kaltim. Semoga seluruh daya upaya serta kepercayaan ini akan membuahkan hasil yang gemilang. Kami juga berharap semoga  dapat meraih juara tingkat Kaltim 2023 ini. Mohon doa semuanya,” harapnya.  

Ada 23 juara dari 190 kampung ditambah 4 kelurahan se-Kubar, ditetapkan sebagai pemenang lomba tahun 2022. Ada dua kategori lomba yang diseleksi PKK Kubar yang dipimpin Ketua TP-PKK Kubar Seri Rahayu Yapan. Untuk lomba administrasi PKK 2022 ditetapkan 13 kampung sebagai juara.

Kendtai demikian, untuk juara pertama ditetapkan PKK Kampung Mencimai, Kecamatan Barong Tongkok. Kemudian untuk lomba administrasi dasa wisma 2022 ditetapkan 10 dasa wisma kampung. Sebagai juara pertama adalah PKK Kampung Muara Beloan, Kecamatan Muara Pahu.

“Selamat ya para juara. Secara khusus para juara pertama ini akan mewakili Kubar lomba tingkat Provinsi Kaltim,” kata Ketua PKK Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan melalui Margaret, Sekretaris 1 PKK Kubar, saat penyerahan hadiah lomba di Sekretariat PKK Kubar Jalan Sendawar Raya, Senin (2/1/2023).

Terkait penetapan juara pertama itu, dia menyarankan agar  PKK kampung peraih juara tersebut giat mempersiapkan diri. TP PKK Kubar akan tetap melakukan fasilitasi dan pendampingan. Dengan harapan bisa meraih juara tingkat Kaltim yang akan dilaksanakan pada 2023 ini.

Dia menyarankan, untuk lebih mempersiapkan lagi bisa berkoordinasi dengan kepala kampungnya agar dapat memberikan  dukungan pendanaan melakukan studi banding ke daerah lain yang meraih prestasi.

“Jadi bisa mendalami atas prestasi yang diraih dari luar daerah. Selain itu bisa berkoordinasi dengan kepala kampungnya agar dapat memberikan  dukungan pendanaan melakukan studi banding ke daerah lain yang meraih prestasi. Salah satu contoh yang bisa ditiru adalah PKK Sumber Rejo, Kotamadya Balikpapan yang kerap meraih juara tingkat Kaltim 2022 lalu,” saran Margaret.

Sebagai informasi untuk meningkatkan kualitas administrasi TP PKK Kubar mengadakan ragam lomba administrasi pada tahun 2022 lalu dan para pemenang lomba sebagai berikut. Lomba Administrasi PKK Tingkat Kubar Tahun 2022, Juara 1 PKK Kampung Mencimai, Kecamatan Barong Tongkok, Juara 2 PKK Mendika, Kecamatan Damai, Juara 3 PKK Kampung Muara Kedang, Kecamatan Bongan, Juara 4 PKK Kampung Tanjung Laong, Kecamatan Muara Pahu, Juara 5 PKK Kampung Muara Lawa, Kecamatan Muara Lawa, Juara 6 PKK Kampung Sumber Bangun, Kecamatan Sekolaq Darat.

Kemudian, Harapan 1 PKK Kampung Bekokong Makmur, Kecamatan Jempang, Harapan 2 PKK Penawang, Kecamatan Siluq Ngurai, Harapan 3 PKK Banjar Rejo, Kecamatan Tering, Harapan 4 PKK Anah, Kecamatan Long Iram, Harapan 5 PKK Kenyayan, Kecamatan Siluq Ngurai, Harapan 6 PKK Kelurahan Melak Ilir, Kecamatan Melak, Harapan 7 PKK Kampung Rambayan, Kecamatan Mook Manaar Bulatn. (*)

Editor : Alfian

Publisher : Rina

Bagikan:

Related posts