Air Bersih Menjadi Usulan Prioritas Warga Kecamatan Segah Pada Musrenbang Kecamatan

Loading

Foto suasana saat Dirut Perumdam Batiwakkal Saipul Rahman diwawancarai usai mengikuti Musrenbang di Kecamatan Segah.

TANJUNG REDEB, swarakaltim.com – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Segah yang juga agenda rutin tahunan merupakan cikal bakal penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2024. Dalam acara yang digelar pada Rabu (22/02/2023) di Pendopo Kecamatan Segah tersebut, salah satu usulan prioritas warga adalah kebutuhan air bersih.

Saat dimintai komentarnya usai mengikuti kegiatan musrenbang tingkat Kecamatan di Segah, Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Batiwakkal Saipul Rahman menjelaskan, bahwa ketersediaan air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi seluruh umat manusia, sama halnya listrik, baik diperkotaan maupun pedesaan. Sehingga sangat wajar dalam musrenbang masyarakat mengusulkan ketercukupan dan kelancaran air bersih bisa dinikmati masyarakat.

“Sangat wajar menurut saya jika setiap pertemuan warga selalu minta agar pelayanan air bersih bisa terus ditingkatkan. Karena ketersediaan air bersih merupakan kebutuhan pokok warga, sebab air bersih juga tolok ukur penilaian kesehatan masyarakat selain sanitasi,“ jelas Petinggi di Perumdam Batiwakkal.

Oleh sebab itu menurut Dirut Perumdam sangat wajar jika Pemerintah kampung di Segah mengusulkan air bersih. Sebab kebutuhan air bersih menjadi salah satu tolok ukur penialian hidup bersih warga disuatu Kawasan. “Jika kebutuhan air sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 492/2010 terpenuhi, maka hidup masyarakat akan menjadi sejahtera,“ pungkas Saipul Rahman sekaligus menjawab pertanyaan rekan media. (Nht).