Buka Bimtek Penulisan Pidato dan Presentasi, Asisten Riza : Penting, Pidato dan Presentasi Jangan Kering

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Dr H Isran Noor diwakili Asisten Administrasi Umum Sekprov Kaltim H Riza Indra Riadi membuka dan memberikan arahan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan Pidato dan Presentasi yang digelar Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setprov Kaltim, di Denpasar Bali, Rabu 10 Mei 2023.

Riza mengapresiasi pelaksanaan Bimtek tersebut. Karena, penulisan pidato maupun presentasi ini akan mendukung bagaimana komunikasi dan informasi yang disampaikan pimpinan lebih mudah dipahami masyarakat atau peserta ketika dalam kegiatan kedinasan.

“Ini penting, pidato dan presentasi menjadi utama di Indonesia. Pada umumnya, presentasi dan pidato paling utama diperhatikan,” ucap Riza Indra Riadi ketika membuka Bimtek dihadapan peserta kurang lebih diikuti 75 peserta, dikutip swara kaltim melalui berita Biro Adpim Setprov Kaltim.

Menurut Riza, isi-isi pidato masih banyak ditemui kurang data, karena kemampuan terbatas. Maka pidato yang disampaikan kering atau tidak menarik.

Apalagi, pemimpin atau pejabat yang menyampaikan sambutan kurang wawasannya. Sehingga pidato atau presentasi yang disampaikan terkesan tidak ada isinya atau kering.

“Jadi, untuk menulis pidato dan presentasi jangan kering. Harus ada isinya. Contohnya, seharusnya angka kemiskinan itu turun disebut naik,” jelasnya.

“Itu jugs karena, kemampuan atau pengetahuan SDM kurang, sehingga ketika penyampaian pidato tak terkesan asal-asalan. Apalagi pejabat yang menyampaikan pidato atau presentasi kurang mengupdate wawasannya,” pesannya.

Artinya, ketika isi atau pesan tersebut bagus dan memiliki data yang jelas, maka apa yang disampaikan dapat masuk dan mengena kepada peserta yang mendengarkan atau masyarakat.

Sebab, dengan isi pidato dan presentasi yang baik, tentu akan membangun citra yang baik bagi pimpinan atau pejabat di lingkungan pemerintahan.

Riza berpesan, staf penulis pidato dan presentasi pimpinan bisa terus meningkatkan wawasan dengan membaca serta mengasah kemampuan melalui pelatihan. Contohnya Bimtek yang dilaksanakan Biro Adpim Setprov Kaltim.

“Memang banyak kepala daerah memiliki gaya masing-masing dalam berpidato dan menyampaikan presentasi. Prinsipnya, pidato dan presentasi harus menarik sesuai perkembangan zaman saat ini,” pesannya.

Kepala Biro Adpim Setprov Kaltim Hj Syarifah Alawiyah yang akrab disapa Yuyun menjelaskan, pelaksanaan Bimtek sejak 10-11 Mei 2023 di Hotel Mercure Kuta Beach Bali. 

“Tujuannya untuk mengasah kemampuan peserta khususnya dari kabupaten dan kota maupun OPD di lingkup Pemprov Kaltim, agar memberikan informasi yang jelas dalam penulisan pidato dan konsep presentasi bagi pimpinan,” ucapnya.

Peserta merupakan unsur Bagian Komunikasi Pimpinan Kabupaten/Kota se Kaltim dan OPD Lingkup Pemprov Kaltim.

Narasumber yang dihadirkan, Tim Komunikasi Presiden /Dosen Sosiologi UNAIR Novri Susan, Asisten Staf Khusus Koordinator Staf Khusus Presiden Dr Pramartha Pode. Kreasi Presentasi asal Surabaya Dhony Firmansyah dan Kepala Biro Umum dan Protokol Pemprov Bali. (aya/sk)

Loading