Dua Unit Katalog Elektronik Mudahkan Pencarian Judul Buku

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) kota Samarinda memberikan jaminan kemudahan bagi para pengunjung yang datang ke Perpustakan Umum Daerah kota Samarinda Dispusip kota Samarinda di jalan Kesuma Bangsa, Samarinda dengan menyediakan Katalog Elektronik sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pengunjung atau pemustaka.

“Kita memiliki Katalog Elektronik sebanyak 2 unit yang ditempatkan di lantai 1 dan lantai 2,” ucap kepala Dispusip Samarinda Erham Yusuf kepada Swara Kaltim, Jumat (14/7/2023).

Erham menjelaskan, katalog elektronik ini untuk memudahkan pengunjung perpustakaan dalam mencari buku-buku yang diinginkan. “Kami selalu berupaya untuk memberikan dan meningkatkan kapasitas kepada pengunjung perpustakaan. Dengan katalog elektronik ini, mereka akan mudah menemukan judul buku yang dibutuhkan,” terang Erham yang didampingi Pustakawan Dispusip Samarinda Nurhikmah.

Ibaratnya lanjut Erham antara perpustakaan manual dan perpustakaan dalam jaringan saling melengkapi.

Jadi katalog elektronik ini berfungsi untuk menginventarisir buku fisik yang ada di perpustakaan, serta memudahkan pemustaka/pengunjung dalam mencari lokasi buku.
Erham mengemukakan di Perpustakaan Umum Daerah Kota Samarinda saat ini tersedia 86.986 eksemplar buku fisik, terdiri dari 25.770 judul. Untuk buku digital sendiri tersedia 43.828 kopi, terdiri dari 2.393 judul. “Buku digital ini dapat diakses di aplikasi iSamarinda, yang dapat diunduh gratis di playstore,” pungkas Erham.(adv-dpk kaltim/dho)

Loading