Akhir Tahun 2023, Beasiswa Berau Cerdas Diusahakan Cair,

Foto Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab Berau Mulyadi.

TANJUNG REDEB, swarakaltim.com – Pemkab Berau mengupayakan pencairan Beasiswa Berau Cerdas bagi pelajar tingkat SLTA atau sederajat dan Mahasiswa kelar sebelum akhir tahun. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Sekretariat Kabupaten Berau, Mulyadi mengatakan, program dari Beasiswa Berau Cerdas ini memiliki kuota 1.615 orang.

Saat dijumpai diruang kerjanya, Senin (28/8/2023), Mulyadi menjelaskan, untuk besaran penerima beasiswa tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Untuk mahasiswa dari Rp 3 juta naik menjadi Rp 4 juta. Sedangkan, untuk pelajar dari Rp 2 juta naik menjadi Rp 3 juta.

“Untuk pelajar kuotanya 615 orang dan Mahasiswa 1.000 orang, kita akan upayakan sebelum akhir tahun sudah bisa cair, “tuturnya.

Mulyadi menyebut, saat ini masih berada di tahap verifikasi untuk pelajar, tujuanya adalah untuk menyeleksi pendaftar beasiswa agar tidak ada yang terdobel menerima beasiswa baik dari beasiswa provinsi maupun daerah.

“Kemarin ada tim dari BPK yang menyatakan, bahwa ada yang terdobel karena ada yang diterima di Kaltim Tuntas dan di Berau Cerdas juga, makanya kita tindaklanjuti dan teliti sebelim diserahkan,” jelasnya.

Dikatakannya, pihaknya tengah menggencarkan pemberitahuan apabila telah menerima beasiswa lain, maka tidak dapat menerima beasiswa lagi untuk daerah.  “Kalau sudah terima di provinsi, maka tidak bisa lagi terima di Berau,” ucapnya.

Diakuinya, sistem yang digunakan saat ini masih manual, sehingga tak dapat dipungkiri jika ada kesalahan dalam pengolahan data seleksi. Selain itu menurutnya, jika ada penerima beasiswa yang terdobel, maka kasian untuk pelajar yang lainnya tidak mendapat kesempatan mendapat beasiswa. Sehingganya, hal ini perlu ditindaklanjuti secepatnya. Adapun untuk sistem penyalurannya dalam setahun dua kali sesuai kenaikan semesteran, serta terkait pencairan dananya diupayakan pihaknya sebelum akhir tahun.

“Untuk pencairannya diusahakan sebelum akhir tahun, dan penerima beasiswa ini ada berkategori tidak mampu dan prestasi,” pungkasnya. (Nht/Asti).

Loading

Bagikan: