Diskarpus Paser Gelar Ajang Pemilihan Duta Baca Pelajar Paser 2023

TANAH GROGOT, Swarakaltim.com – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kabupaten Paser menggelar ajang pemilihan Duta Baca Pelajar Paser 2023 dengan Tema Literasi Pelajar Mewujudkan Budaya Membaca Menuju Paser Emas.

Diskarpus Paser telah membuka pendaftaran sejak 9 September dan akan ditutup pada 16 September 2023. Pemilihan dilakukan untuk dua kategori, yaitu kategori remaja 14-18 Tahun dan kategori anak 9-13 Tahun

Kepala Diskarpus Paser, Yusuf Sumako mengatakan bahwa berbagai tantangan serta perubahan global saat ini semakin kompetitif, sehingga menuntut hadirnya generasi-generasi berkualitas.

Sehingga untuk menjawab tantangan tersebut, Diskarpus Paser melaksanakan Kegiatan Pemilihan Duta Baca Pelajar untuk menemukan sosok atau figur generasi dari kalangan terpelajar baik remaja maupun kategori anak yang dapat mensosialisasikan pembudayaan gemar membaca serta Gerakan Literasi.

“Guna mencari sosok atau figur generasi terpelajar yang juga dapat mensosialisasikan program Pemerintah berkaitan dengan pembudayaan gemar membaca serta Gerakan Literasi,” kata Yusuf kepada Swara Kaltim via ponsel, Minggu (10/9/2023).

Dengan harapan, kehadiran mereka bisa menjawab persoalan dan ikut membantu menyiasati rendahnya minat baca di kalangan pelajar.

“Serta dengan kehadirannya Duta Baca diharapkan dapat menyiasati rendahnya minat baca kalangan pelajar,” tutupnya.(adv-dpk kaltim/jp-1/dho)

Berikut syarat dan ketentuan peserta Pemilihan Duta Baca Pelajar Paser 2023.

Ketentuan Peserta :

  1. Peserta adalah pelajar (dibuktikan dengan kartu pelajar)
  2. Memiliki Hobi membaca buku
  3. Memiliki Kartu Anggota Perpustakaan Daerah Kabupaten Paser
  4. Mengikuti semua media sosial Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kab. Paser (IG: diskarpus paserkab, FB: Diskarpus Paser)
  5. Sehat jasmani dan rohani
  6. Memiliki sifat komunikatif, kreatif, dinamis dan patut diteladani
  7. Siap menerima tugas dari sekolah ataupun dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Paser dalam hal meningkatkan minat budaya baca dan Gerakan Literasi (terkait kegiatan Duta Baca)
  8. Disetujui oleh pihak Pimpinan Sekolah dan Orang tua/Wali siswa
  9. Tidak menjadi pengurus dan / atau anggota pada kegiatan politik praktis
  10. Jika masuk pada tahap final peserta diharapkan membawa 1 buah buku koleksi pribadinya pada saat penilaian untuk bisa menceritakan kembali isi buku tersebut secara singkat.

Syarat Peserta:

Dokumen Pendaftaran Peserta Pemilihan Duta Baca Pelajar berisi

  1. Formulir Biodata Peserta Pemilihan Duta Baca Pelajar Tingkat Daerah Kab.

Paser Tahun 2023 (terlampir)

  1. File KIA atau KK
  2. File Kartu Anggota Perpustakaan Daerah Kabupaten Paser
  3. Pas foto terbaru, berwarna, fullbody
  4. Screenshot bukti telah mengikuti media sosial Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Paser
  5. Surat Keterangan setuju / Rekomendasi dari pihak sekolah untuk mengikuti Pemilihan Duta Baca Pelajar Tingkat Daerah Kab. Paser Tahun 2023

CARA PENDAFTARAN :

Mengisi Formulir Pendaftaran calon Peserta Pemilihan Duta Baca Pelajar Tingkat Daerah Kab. Paser Tahun 2023 pada:

Link Kategori Duta Baca Anak:
https://bit.ly/formpendaftaran DuBaAnak2023

Link Kategori Duta Baca Remaja: https://bit.ly/formpendaftaran DuBaRemaja2023

Bagikan:

Related posts