DPRD Harapkan Abutta Banua Dipertahankan

Foto saat Ketua DPRD Berau, Madi Pani hadir dikegiatan penutupan Abutta Banua, yang sekaligus diminta menyerahkan hadiah kepada pemenang salah satu lomba di gelar dalam kegiatan itu.

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Memang sejauh ini kegiatan Abutta Banua sudah menjadi agenda rutin setiap tahun di Kelurahan Sambaliung Kecamatan Sambaliung. Namun melalui pelaksanaan agenda tersebut DPRD berharap dipertahankan salah satu rangkaian kegiatannya yakni para Pedagang Kaki Lima (PKL) Basuli yang merangkul banyak UMKM untuk berjualan di sepanjang tepian sungai Kelay di Sambaliung.

“Kenapa kami minta dipertahankan, sebab melalui kegiatan ini peluang majukan perekonomian UMKM. Makanya kedepan kami juga meminta Abutta Banua bisa digelar lebih meriah lagi dan tentunya berdampak menjadi penggerak perekonomian masyarakat di Sambaliung khususnya, dan masyarakat Berau apabila semakin terbuka untuk umum,” jelas Ketua DPRD Bumi Batiwakkal Madri Pani, saat dijumpai disela sela menghadiri kegiatan penutupan Abutta Banua, Jumat (17/11/2023).

Disisi lain tambah Politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem) tersebut, dari kegiatan ini selain menjadi aktivitas ekonomi bisa kembali normal dan meningkat, juga celah mengangkat sektor pariwisata. Karena, apabila masyarakat turut hadir pada rangkaian Abutta Banua, selain bisa mengetahui banyak budaya budaya di Kesultanan Sambaliung. Disisi lain bisa sambil menikmati wisata kuliner sambil menikmati indahnya alam dipinggiran sungai kelay di tepian Sambaliung.

“Saya sangat mendukung opini, kedepan Abutta Banua diminta digelar lebih meriah lagi. Semua itu akan mudah terealisasi selama kebersamaan dalam memajukan kegiatan itu perpaduan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dengan perangkat kelurahan maupun dengan Kesultanan Sambaliung. Jadikanlah hal-hal seperti ini upaya kita dalam membantu peningkatan perekonomian sekaligus memajukan sektor pariwisata,” tutur Petinggi di lembaga legeslatif Kota Sanggam itu. (Adv/Nht/*)

Loading