Pemdes Manunggal Jaya Maksimalkan Program Tahun 2023, termasuk Pariwisata

KUTAI KARTANEGARA, Swarakaltim.com – Pemerintahan desa (Pemdes) Manunggal Jaya, Tenggarong Seberang, Kukar, terus berupaya memaksimalkan program tahun 2023.

Fiktor Boni Pasilala selaku Sekretaris Desa mengungkapkan program tersebut meliputi pertanian, UMKM hingga bagaimana peningkatan sektor pariwisata. Penyaluran dana desa juga, ucap Boni, disalurkan sesuai aturan 2023.

Ia menjelaskan penyaluran dana desa itu di antaranya untuk perbaikan infrastuktur Jalan RT 03, pembuatan Parit di RT 5 dan di RT 6 untuk tahap 2 meliputi semenisasi hingga perbaikan Parit.

“Dana desa kita salurkan sesuai dengan arahan pusat salah satunya ialah untuk infrastuktur,” jelasnya, Selasa (21/11/2023).

Selain itu, kata Boni, sektor pertanian juga menjadi keunggulan Desa Manunggal Jaya, yang dipersiapkan guna menyambut Ibu Kota Nusantara dan menjadi salah satu desa penyetor pangan nantinya.

Rencana pengembangan dari hasil UMKM juga tak luput menjadi perhatian Pemdes Manunggal Jaya yaitu masyarakat akan diberdayakan di wisata kuliner.

Selanjutnya kata Boni, di RT 24 hasil pemekaran dari RT 15, misalnya, terdapat obyek wisata kampung buah di mana terdapat kebun buah belimbing yang dimiliki salah satu petani di Desa Manunggal Jaya.

“RT 24 hasil pemekaran RT 15 dibuatkan kampung buah, nantinya di satu rumah menanam satu pohon buah apa pun di halaman rumahnya,” tambahnya

Terakhir, ia berharap ke depannya Desa Manunggal Jaya akan terus bersinergi bersama, dengan ketersediaan SDA dan SDM untuk menjalankan program kerja di sektor pertanian, UMKM, dan pariwisata.(adv-kominfo kukar/bio/dho)