Pemilu 2024, DPRD Minta Akses Khusus Para Penyandang Disabilitas Disiapkan

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Anggota Komisi II DPRD Berau, Dedy Okto Nooryanto ingin mengingatkan agar partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya saat Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang meningkat, termasuk bagi disabilitas yang ada di Bumi Batiwakkal.

Makanya beliau mendorong agar penyelenggara Pemilu dapat menyediakan akses khusus bagi para penyandang disabilitas. Harapannya, supaya tidak ada kendala bagi para disabilitas yang ingin memberikan hak suaranya.

“Maka dari itu, kami minta akses bagi para disabilitas harus dipermudah. Hal ini mencakup pelayanan kepada orang yang sakit atau memiliki keterbatasan fisik, termasuk disabilitas. Termasuk fasilitas bagi pemilih yang tidak bisa mengunjungi Tempat Pemilihan Suara (TPS), wajib bagi petugas KPPS untuk mengunjungi mereka di rumah untuk memastikan hak pilihnya tetap terjamin,” papar Wakil Rakyat asal Partai Nasional Demokrat (NasDem) tersebut saat berjumpa di kantor Dewan Jl Gatot Subroto Kecamatan Tanjung Redeb belum lama ini.

Diketahu bersama, dalam sebuah pesta demokrasi seluruh masyarakat berhak memilih dan menggunakan hak suaranya sebagai bentuk merayakan demokrasi. Semua itu tentunya sudah ada dalam pedoman yang mengatur tentang teknis pendampingan bagi pemilih disabilitas. Pelaksanaannya juga telah dijalankan di lapangan. “Oleh sebab itu, dengan bantuan petugas, maka pemilih disabilitas ini tetap dapat menggunakan hak pilihnya secara mandiri,” bebernya lagi.

Lanjut Dedy Okto, dirinya berkomitmen terus mendorong upaya-upaya untuk memastikan bahwa semua warga, tanpa pandang keadaan fisik atau keterbatasan, dapat ikut berpartisipasi dalam proses demokrasi secara merata dan adil.

“Dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat dan terus berkoordinasi dengan lembaga terkait, diharapkan partisipasi pemilih disabilitas dalam pemilihan berikutnya akan semakin meningkat, dan hak-hak mereka tetap terjaga dengan baik,” tuturnya. (Adv/Nht/*)

Loading