Pencegahan Penyakit Tidak Menular Jadi Fokus Workshop Dinas Kesehatan Kaltim di Sumatera Selatan

PALEMBANG, Swarakaltim.com – Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kaltim, Jaya Muallimin membuka Workshop Jejaring Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) Kaltim di Hotel The Zuri, Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (7/12/2023).

Jaya menjelaskan alasan pemilihan Sumatera Selatan sebagai lokasi workshop, karena sebagai Binwil Direktorat Jenderal Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P), sinergitas antara pusat dan daerah dalam transformasi pelayanan kesehatan.

Pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular tidak dapat dilaksanakan dengan maksimal jika hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan saja, sehingga perlu kerjasama dengan lintas sector/program, organisasi profesi dan LSM terkait.

“Dengan adanya komitmen bersama dan dukungan jejaring, lintas program dan lintas multisectoral baik dari segi manajemen, teknis, sarana prasaran fasilitas, sumber daya manusia sampai pendanaan akan menunjang tercapainya target indikator program P2PTM,”jelasnya.

Menurut, Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Prov Kaltim, Setyo Budi Basuki, selaku penanggungjawab kegiatan, mengatakan, bahwa pada tingkat global, 70% penyebab kematian di dunia adalah akibat penyakit tidak menular, seperti kanker, penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Karena itu, lanjut Basuki, kegiatan Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para jejaring P2PTM serta berinteraksi dan kolaborasi dalam program pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular serta mendapatkan pembelajaran yang baik dari Provinsi Sumatera Selatan.


Ketua Panitia, Ika Gladies, menyampaikan bahwa 42 peserta dari berbagai latar belakang, termasuk organisasi profesi dan mitra strategis, mengikuti workshop ini. Organisasi profesi seperti IDI, IBI, PPNI, PAEI, PERSAKMI, dan IAKMI, bersama mitra strategis seperti YJI, YKI, PKK, PPTI, dan PERSADIA turut serta.

Ika menambahkan bahwa Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman, Rumah Sakit Mata Prov. Kaltim, Dinkes Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Puskesmas dari lingkungan Pemkab Kukar juga turut hadir.

Jauhar Efendi, selaku peserta Workshop utusan dari YJI Kaltim, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas prakarsa Kepala Dinas kesehatan Prov. Kaltim beserta jajarannya untuk menyelenggarakan workshop jejaring P2PTM, karena banyak pelajaran yang dipetik ketika mengikuti _best  practise_ ke Dinas Kesehatan dan mitra strategis di Provinsi Sumatera Selatan.

Usai dibuka oleh Kadinkes Kaltim, kegiatan dilanjutkan dengan paparan dan diskusi panel dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Prov. Kaltim, YJI Kaltim, YKI Kaltim, FK Unmul, dan PAEI Kaltim. (adv-mje/prb/ty/kominfo kaltim).

Loading