Buah Sinergi Yang Baik, PT Berau Coal Dukung Fasilitas Pendidikan Agama di Maluang

Foto bersama didepan TPA Kampung Maluang baru dibangun

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Suasana belajar mengaji dan pendidikan agama di Kampung Maluang, Kecamatan Gunung Tabur, kini menjadi lebih nyaman dan memotivasi, berkat pembangunan dua Taman Pendidikan Alquran (TPA) yang baru, yakni TPA  Al Mukti di RT 9 dan TPA Baiturrahman di RT 3 Kampung Maluang. Inisiatif ini merupakan hasil sinergi antara pihak kampung dengan PT Berau Coal melalui Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Pembangunan TPA ini bukan hanya memberikan sarana belajar yang memadai, tetapi juga menandai komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama di kawasan tersebut. Sebelumnya, kegiatan belajar mengaji dan pendidikan agama dilakukan di pelataran masjid, namun dengan adanya dua unit TPA baru, kini anak-anak dapat belajar dengan lebih fokus dan nyaman.

Community Based Development PT Berau Coal, Reza Hermawan, menjelaskan bahwa pembangunan dua TPA di Kampung Maluang lahir dari inisiatif dan sinergi bersama kampung Maluang dengan Program PPM PT Berau Coal. Pembangunan ini bertujuan untuk memberikan fasilitas belajar mengaji yang lebih baik bagi anak-anak dan masyarakat di kawasan tersebut.

Foto saat Bupati Berau Sri Juniarsih Mas resmikan TPA Maluang

“Sebelumnya, di Kampung Maluang belum ada gedung yang dapat dijadikan fasilitas belajar mengaji. Anak-anak biasa menggunakan pelataran masjid untuk kegiatan tersebut. Dengan bantuan pembangunan TPA ini, kami berharap semangat belajar agama anak-anak Kampung Maluang tidak hilang dan bertahan disitu saja, tetapi juga semakin berkembang,” ungkapnya.

Selain itu, Reza berharap pembangunan TPA ini bisa meningkatkan minat dan juga peningkatan pemahaman agama bagi anak-anak dan masyarakat Kampung Maluang. TPA, baginya, bukan hanya tempat belajar mengaji biasa, melainkan menjadi landasan penting untuk membentuk karakter, memperkuat nilai-nilai agama, dan menanamkan akhlak mulia pada generasi muda.

“TPA ini bukan hanya berfungsi sebagai pusat pembelajaran agama saja, tetapi juga bisa menjadi tempat pengajian bagi ibu-ibu serta area kegiatan multiguna yang kreatif dan inspiratif. Dengan semangat inovatif ini, PT Berau Coal berupaya memberikan kontribusi nyata dalam mendukung visi Pemerintah Kabupaten Berau untuk menciptakan generasi yang tak hanya berkualitas tetapi juga unggul, dimulai sejak usia dini,” jelasnya lagi.

Pembangunan TPA ini juga merupakan wujud nyata dari komitmen kuat PT Berau Coal untuk ikut serta aktif dalam mendukung program pemerintah dan menciptakan hubungan sinergis yang positif antara perusahaan dan masyarakat lokal. Selain itu PT Berau Coal berupaya membangun fondasi keberlanjutan dalam pembangunan pendidikan agama yang tak hanya memberikan manfaat maksimal bagi anak-anak Kampung Maluang tetapi juga membentuk pondasi kuat untuk kemajuan masyarakat secara keseluruhan.

Sementara tanggapan Kepala Kampung Maluang, Usnadi mengatakan, keberlanjutan pendidikan agama di Kampung Maluang juga mendapat dorongan positif melalui pembangunan dua TPA oleh PT Berau Coal. Hal ini bukan hanya mengenai pembangunan fisik, tetapi juga pembangunan semangat untuk anak-anak di sini (Maluang) agar lebih bersemangat mempelajari agama.

“Terealisasinya pembangunan dua TPA tersebut sangat kami apresiasi. Dan kami ucapkan terima kasih atas dukungan PT Berau Coal tersebut dan telah meresmikan momen yang dianggap sebagai pemicu potensi belajar anak-anak di kampungnya. Besar harapan kami pembangunan ini akan memberikan manfaat besar bagi anak-anak di kampung ini,” kata Usnadi.

Selain sebagai pusat pembelajaran agama, TPA Alquran ini juga dapat menjadi pusat aktivitas keagamaan, seperti pengajian ibu-ibu, ceramah agama, dan berbagai kegiatan keagamaan lainnya. Hal ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang tidak hanya mendukung perkembangan pengetahuan agama, tetapi juga pertumbuhan spiritual dan kebersamaan di kalangan masyarakat Kampung Maluang.

Usnadi pun menyoroti sinergi yang baik antara Kampung Maluang dan PT Berau Coal. Melihatnya sebagai upaya kolaboratif untuk menciptakan generasi yang tidak hanya berkualitas tetapi juga memiliki keunggulan dalam Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di bidang agama.

“Semoga dengan fasilitas yang telah dibangun oleh Berau Coal ini, kita dapat menciptakan peningkatan pemahaman agama pada generasi muda kita,” tutupnya dengan harapan besar.

Untuk diketahui juga, TPA Alquran di Kampung Maluang ini secara simbolis telah diserahterimakan ke Kampung Maluang dan diresmikan langsung oleh Bupati Berau dalam rangka peringatan Hari Jadi Maluang ke-88 pada tanggal 13 Desember 2023. Sebuah tonggak bersejarah yang menandai komitmen bersama menuju pendidikan agama yang lebih berkualitas dan inklusif di Kampung Maluang. (Nht)

Loading