Andi Harun Resmikan Jalan Kesuma Bangsa Jadi Lokasi Car Free Day, Dapat Sehat dan Bangkitkan UMKM

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Wali Kota Samarinda, Andi Harun meresmikam Jalan Kesuma Bangsa sebagai Lokasi Car Free Day (CFD) di Samarinda pada Minggu (25/2/2024).

Penetapan lokasi CFD bertujuan untuk menekan polusi udara. Ini juga sebagai upaya untuk membangkitkan sektor ekonomi melalui bazar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berjualan di lokasi tersebut.

Kegiatan CFD akan digelar rutin setiap minggu pagi. Warga Samarinda bisa menikmati Jalan protokol itu mulai dari 6 pagi hingga 9 pagi.

Andi Harun mengatakan, selain sebagai sarana olahraga, masyarakat dapat memanfaatkan area CFD untuk berwisata sambil belanja. Karena CFD sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat yang melibatkan banyak warga dengan mendorong ekonomi kreatif lewat menyediakan ruang bagi pelaku UMKM melalui bazar UMKM.

Untuk diketahui, CFD di Jalan Kesuma Bangsa diinisiasi sejak Agustus 2023 kemarin dan mulai diuji coba pada Januari 2024.
Peresmian pagi itu sendiri jelas Wali Kota menjadi puncak dari persiapan matang yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Samarinda.

“CFD Samarinda juga menjadi pionir dalam penerapan transaksi non-tunai. Pengunjung dapat menggunakan berbagai metode pembayaran digital untuk berbelanja di stan-stan UMKM,”sebutnya.

Tak itu saja, Andi Harun juga menitik beratkan pada kebersihan menjadi satu fokus utama dalam penyelenggaraan CFD.

Oleh itu orang nomor satu di Kota Tepian itu menginstruksikan Dinas Perhubungan Samarinda untuk segera membersihkan area CFD setelah kegiatan selesai.

Dirinya berharap CFD Samarinda dapat menjadi program yang berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi semua pihak. Serta sebagai sarana hiburan, rekreasi, dan olahraga bagi warga Samarinda.(adv/dho)

Loading