Melalui IPA Singkuang, Bak Reservoir dan Pompa Distribusi Baru Dibangun, Perumda Mampu Tingkatkan Produksi Air 16 liter per detik

TANJUNG REDEB, swarakaltim.com – Tahun 2023 lalu Pemerintah Kabupaten Berau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) Singkuang, sekaligus juga bak reservoir dan pompa distribusi yang dilakukan pada tahun yang sama.

“Melalui fasilitas yang dibangun tersebut, berpengaruh sangat positif terhadap kinerja Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Batiwakkal nantinya. Karena intake dan IPA yang direncanakan akan dimulai pada awal tahun 2024 itu, apabila dimanfaatkan kelebihan produksi air dan IPA diperkirakan akan mampu meningkatkan produksi air sebanyak 16 liter per detik dari total produksi saat ini sebesar 80 liter per detik,” ungkap Direktur Perumda Batiwakkal, Saipul Rahman.

Masih menurut beliau, kebetulan uji coba bersama keberadaan IPA, bak reservoir dan pompa distribusi telah dilakukan tanggal 29 Februari 2024 lalu. Dari uji coba itulah bisa diperkirakan kedepan masyarakat dapat berharap akan adanya peningkatan signifikan dalam pasokan air bersih di daerah tersebut.

“Kenapa demikian, karena kedepan setelah dilakukan uji coba proyek yang ada, agar manfaatnya segera dirasakan masyarakat, kami berharap agar operasionalnya diserahterimakan setelah uji coba. Hal itu menjadi tonggak penting dalam upaya penyediaan air bersih bagi masyarakat, dan diharapkan akan membawa manfaat yang luar biasa terhadap masyarakat khususnya bagi kesejahteraan mereka,” ujar Orang nomor satu di perusahaan plat merah tersbut, Jumat (1/3/2024). (Nht/Day)

Loading