Wali Kota Balikpapan Menerima Kunjungan Forkopimda Kabupaten Belitung

BALIKPAPAN,Swarakaltim.com – Walikota Balikpapan – Rahmad Masud didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Laisa Hamisah menerima kunjungan Kerja Forkopimda Kabupaten Belitung dengan Agenda Peran Pemerintah Kota dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Produk Unggulan Daerah. Kunjungan diterima langsung di Ruang Rapat  I Balai Kota Balikpapan, Selasa (23/4/2024).

Walikota Balikpapan Rahmad Masud sangat mengapresiasi atas  kunjungan Forkopimda Kabupaten Belitung ini,  sehingga perlunya sinergi dan silaturahmi antar daerah. Yang mana setiap daerah miliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

“Kota Balikpapan ini bukan daerah penghasil, tapi kami punya tempat pengelolaan minyak,” tegas Rahmad Mas’ud.

Lanjut Rahmad, kota Balikpapan tidak memiliki tambang, meski 65 persen wilayah tanah di Balikpapan mengandung batubara. Tapi kita punya komitmen untuk tidak boleh ada pertambangan di Balikpapan. “Makanya Balikpapan satu satunya daerah yang tidak punya tambang di Kaltim,” ujarnya.

Kota Balikpapan turut memperoleh banyak penghargaan di bidang lingkungan baik dalam dan luar negeri. Untuk Kota Balikpapan juga memiliki 190 paguyuban dari sabang sampai merauke ada disini. “Sehingga Balikpapan banyak djumpai keragaman budaya yang saling menghargai,” tegasnya.

Rahmad mengaku, pihaknya berkomitmen menjaga keamanan dan kenyamanan membangun Kota Balikpapan ternyaman di Indonesia.  “Mudah-mudahan, dengan kunjungan ini bisa menjalin sinergi antar kota Balikpapan dan belitung,” katanya.

Rahmad menambahkan,  banyak masyarakat yang berpikir kota Balikpapan merupakan penghasil minyak, padahal yang memiliki minyak yang berlimpah adalah daerah Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Kota Balikpapan memiliki memiliki pengelolaan minyak terbesar di Indonesia Timur, tegasnya.

Keberadaan kilang minyak di kota Balikpapan, tentunya memiliki potensi besar dngan semakin banyak dan perluasan RDMP, terdapat ribuan orang yang bekerja. Hal ini membuat perekonomian kota Balikpapan meningkat. RDMP di kota Balikpapan sangat menguntungkan para UMKM di Balikpapan, dari segi perekonomian meningkat, katanya. (*/pr)

Loading