Hadirnya Si Maung di Mahulu, Tumbuhkan Niat Baca Murid SD Perbatasan

Ismail: Perpus Keliling Ini Menyiapkan 1000 Lebih Buku Baca Anak Anak

MAHAKAM ULU , Swara Kaltim – Satuan Tugas Perbatasan (Satgas-Pamtas) Batalyon Yonif Raider 303/SSM Kostrad, menerjunkan si Maung yang dijadikan sebagai penggerak perpustakaan keliling langsung mendatangi anak anak dan siswa Sekola Dasar (SD) yang berada di perbatasan Kabupaten Mahakam Ulu dengan negara tetangga Serawak Malaysia.

Si Maung atau perpustakaan keliling ini dibuat semacam kotak lemari yang berisi buku diatas boncengan sepeda motor operasional dari pasukan Setia Sampai Mati ini berkeliling ke lokasi sekolah SD di Mahulu Provinsi Kaltim bahkan hingga ke Kalimantan Utara.

“Untuk meningkatkan minat baca anak-anak di wilayah perbatasan, sehingga perpustakaan keliling ini kita jalankan,” ungkap Pasiter Yonif Raider 303/SSM Lettu Arm Mario Yogitama saat pertama kalinya melakukan uji coba si Maung di lingkungan SDN 005 Batu Bajang, Kecamatan Long Bagun, Selasa (24/9/2019).

Kata dia, hasil uji coba si Maung/Perpustakaan keliling ini tidak sia sia. Terlihat antusias dan niat baca para siswa sekolah tersebut, dapat dilihat dengan keseriusan membaca dan samil bertanya kepada prajurit branda NKRI itu, mengenai mata pelajaran yang belum mereka ketahui.

“Kami mengajak anak-anak itu untuk rajin membaca buku, sehingga pengetahuan mereka menjadi luas. Kemudian dapat berguna serta meningkatkan pola pikir usia dini yang dapat berguna bagi daerah setempat di masa mendatang. Bisa menambah motivasi dan nilai kejuangan generasi muda di perbatasan khususnya Mahulu,” jelas Mario.

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah SDN 005 Batu Majang, (Ajang) sangat mengapresiasi kegiatan semacam itu yang belum pernah ada dilaksanakan. Ia berharap, perpustakaan keliling itu bisa terus berlanjut. Sehingga semangat para siswa untuk membaca semakin tinggi.

“Setelah saya perhatikan, ketika ada si Maung ini, para murid SDN 005 Batu Majang dapat lebih fasih lagi dalam hal membaca. Semoga perpustakaan keliling ini terus berlanjut,” harap Ajang.

Dikonfirmasi terpisah, Dansatgas Yonif Raider 303/SSM Kostrad. Letkol Inf Taufik Ismail mengatakan, perpustakaan keliling itu bertujuan menunjang keberhasilan di daerah penugasan wilayah Satgas Pamtas tersebut.

“Motor Pintar Si Maung yang dimiliki Satgas Yonif Raider 303/SSM Kostrad, juga sudah menyiapkan lebih dari 1000 buku bacaan, yang terdiri dari buku fiksi dan non fiksi. Semoga ini bermamfaat untuk menimbulkan niat baca anak anak perbatasan,” tukas Ismail.

Penulis: Alfian

Editor: Redaksi

Loading