Loper Koran Itu Jadi Kepala Biro Humas Setprov Kaltim

SAMARINDA, Swara Kaltim – SETELAH lebih satu tahun jabatan Kepala Biro Humas Setprov Kaltim kosong, sejak Selasa (1/10/2019) kini terisi, setelah Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor, melantik H Muhammad Syafranuddin sebagai Kepala Biro Humas Setprov Kaltim bersamaan dengan pelantikan pejabat pratama lainnya di Pendopo Odah Etam Samarinda.

Muhammad Syafranuddin di kalangan wartawan di Kaltim bukanlah orang baru, pria kelahiran Tenggarong 12 Oktober 1964 ini, mengawali karirnya di pemerintah sebagai reporter RPD Kutai di Tenggarong.

Namun dunia jurnalistik sudah dia geluti sejak masih duduk di bangku SMP Negeri Tenggarong dengan menjadi koresponden sejumlah media cetak di Samarinda.

Suami Evi Margawati ini ternyata pernah menjadi koresponden SK Manuntung sebelum menjadi Kaltim Post. Dunia wartawan, tak pernah dia tinggalkan sehingga disela-sela tugas pemerintah yang diemban, tetap eksis menulis berita di SKH Swara Kaltim hingga sekarang.

Kecintaan mantan loper koran terhadap jurnalistik benar-benar luar biasa, sesibuk apapun tugas yang dia emban tetap saja dalam sehari membuat 4 hingga 7 berita yang dikirim ke Swara Kaltim. Pria yang akrab disapa dengan Ivan, juga menjadi Sekretaris PWI Kutim.

Pria yang pernah menjadi Kabag Humas Setkab Kutim, Camat Muara Ancalong, Kabid Logistik BPBD Kutim, dan terakhir Kabid Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Kewaspadaan pada Badan Kesbangpol Kutim ini, teryata sudah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tingkat Utama yang digelar PWI Kaltim. Selain itu, Ivan juga pernah mengikuti Diklat Tenaga Ahli Pers.

“Dunia jurnalistik sudah menjadi bagian dari hidup saya, kalau dirasa-rasa mungkin sudah 28 tahun bergelut di jurnalistik,” kata Ivan.

Ivan sendiri diangkat sebagai Kepala Biro Humas Setprov Kaltim, setelah mengikuti serangkain seleksi jabatan yang digelar Pemprov Kaltim sejak bulan Mei lalu. Dengan ijin Bupati Kutim Ismunandar, mendaftar sebagai peserta JPT Tahun 2019 menjelang 2 hari waktu pendaftaran tutup.

“Tidak menyangka bisa masuk sebagai peserta dan dipercaya untuk memimpin Biro Humas, semua karunia Allah SWT,” kata Ivan usai pelantikan.

Terkait dengan tugas barunya sebagai Kepala Biro Humas Setprov Kaltim, ayah dari 2 anak yang kini sedang menanti kehadiran cucu pertama ini, menyebutkan ingin lebih dekat dengan rekan-rekan pers.

Meski demikian, Ivan belum bisa menyebutkan program apa saja yang akan digulirkan nantinya karena semua akan dibahas bersama tema-teman di Biro Humas.

“Insya Allah ada program yang akan dibuat, karenanya saya perlu dukungan teman-teman wartawan serta Pejabat dan Staf di lingkup Biro Humas Setprov Kaltim,” ujar pria yang mengaku belajar menulis berita dengan Abdul Rahim Hasibuan, serta sejumlah wartawan senior lainnya seperti Aan R Gustam, Arbain – Pimpred SKM BS Djaya Samarinda.(aya/sk)

Loading