Silaturahmi Bersama Jurnalis, Kapolres Kukar : Situasi Aman dan Kondusif Adalah Keinginan Kita Semua

JAGA BERSAMA : Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar bersama Dandim 0906 Tenggarong Letkol Inf Yohannes Charles Alling saat berfoto bersama awak media. (ist)

TENGGARONG, SwaraKaltim – Kapolres Kutai Kartanegara (Kukar) AKBP Anwar Haidar berharap media di Kalimantan Timur, khususnya di Kabupaten Kukar bisa bersama-sama menyatukan persepsi dan tujuan agar Kukar tetap aman dan kondusif. Hal itu disampaikan Kapolres dalam acara ramah tamah bersama Jurnalis di Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong, Selasa (15/10) siang.

“ Sitasi aman dan kondusif adalah keinginan kita semua,” kata Haidar.

Apalagi, lanjutnya, pada tanggal 20 Oktober mendatang akan berlangsung hajatan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Sehingga harap Kapolres, media bisa menjaga pemberitaan hingga pelantikan berjalan aman dan lancar.

“ Kalau bisa pemberitaannya bisa menyatukan semua elemen masyarakat. Meskipun pelantikannya di Jakarta,” tutur Haidar.

Karena, Kapolres yakin, media bisa menjadi pencerah dan tempat satu-satunya masyarakat mendapat kesadaran dalam hal edukasi.

“ Sekarang ini kita harus menerangkan betapa pentingnya persatuan dan kesatuan,” ungkapnya.

Haidar menilai, selama ini media maenstream maupun online sudah banyak membantunya menjaga Kukar tetap aman dan kondusif. Selain pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, tambahnya, di Kukar juga akan berlangsung hajatan besar yakni Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di sejumlah kecamatan.

“ Kami mohon dukungan dari teman-teman media. Karena saat ini Polres Kukar dan Kodim 0906 Tenggarong sedang melaksanakan hajatan Pilkades. Harapan saya hajatan itu bisa berjalan aman dan kondusif juga,” katanya, lagi.

Berbagai upaya sudah dilakukan agar dua hajatan di Jakarta dan Kukar berjalan lancar. Bahkan Polres Kukar bersama Kodim 0906 Tenggarong telah melaksanakan Sholat Istiqosah.

“ Do’a sudah kita panjatkan. Karena selain usaha, tanpa izin Tuhan Yang Maha Esa, kita bukanlah siapa-siapa,” ucap Haidar.

Sementara itu, Komandan Kodim 0906 Tenggarong Letkol Inf Yohannes Charles Alling menambahkan, saat ini TNI-Polri di Kukar dalam status Siaga 1. Pasalnya, selain pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober, di Kukar juga berlansung Pilkades serentak pada, Selasa (16/10) besok.

“ Banyak agenda yang akan kita hadapi dalam sepekan ini, karena terkait hajatan besar bangsa dan negara. Sehingga kami dari TNI-Polri telah melaksanakan siaga 1,” jelas Alling.

Sejauh ini, TNI-Polri sudah melakukan berbagai rangkaian pengamanan. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi.

“ Selama pengamanan semua satuan sudah melapor dan tidak ada hal yang menonjol. Tugas penting sekarang ini bagaimana mengantisipasi agar situasi kamtibmas di Kukar tetap aman dan kondusif,” harap Dandim.

Tapi tegasnya, tugas penting itu bisa terlaksana dengan baik apabila ada peran serta media. Untuk itu ia meminta agar komunikasi antara TNI-Polri dan media di Kukar bisa terjalin dan terpelihara dengan baik.

“ Mohon sekiranya apabila ada hal yang penting bisa di koordinasikan dengan kami. Kemitraan ini harus terus kita jaga,” tutup Alling.

Sekedar diketahui, silaturahmi bersama jurnalis ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. Dalam kegiatan ini juga dihadiri Wakapolres Kukar Kompol Wiwit Adisatria, Kasat Reskrim AKP Andhika Dharma Sena, Kasubag Humas AKP Urip Widodo, Kasat Binmas Iptu Suwarsono serta Paur Subbag Humas Iptu Warsidi. (bio)

Loading