Lestarikan Budaya, Sebagai Aset Wisata Bernilai Ekonomis

SAMARINDA, Swara Kaltim – Kepala Dinas Pariwisata Samarinda I Gusti Ayu Sulistiani mengemukakab upaya pelestarian budaya akan memberi dampak pada sektor pariwisata di daerah.

“Dinas Pariwisata selalu mendukung berbagai kegiatan yang tujuan untuk melestarikan budaya dan mempromosikan daerah, sehingga memberi andil di sektor pariwisata dalan arti luas,” ungkap I Gusti Ayu mendampingi Walikota Samarinda Syaharie Jaang ketika menghadiri Adat Hudoq Tahariiq (adat Hudoq Permulaan) di halaman SDK 1 WR Soepratman, Minggu (10/11) sore.

Oleh karena itu, Ayu–demikian I Gusti disapa mengatakan pentingnya pelestarian kebudayaan sejak dini.

Ia mengajak generasi penerus bangsa, khususnya di Samarinda untuk melestarikan budaya yang ada di kota Tepian.

“Republik Indonesia yang mempunyai berbagai macam suku bangsa dengan memiliki berbagai macam seni dan kebudayaan yang perlu dilestarikan dan dikembangkan. Kita mengapresiasi kegiatam yang dilaksanakan hari ini, dan Pemkot Samarinda pun terus melakukan pembinaan ke berbagai suku budaya,” katanya.

Ayu mengajak generasi muda untuk terus mencintai dan melestarikan warisan kebudayaan nenek moyang sehingga tidak lupa akan asal usulnya dan dapat menjauhkan generasi muda dari pergaulan yang negatif seperti narkoba, alkohol, dan perjudian serta mampu berpikir kreatif dan inovatif untuk menjadikan aset wisata yang memiliki nilai ekonomis.(dho)

Loading