Bandara APT Pranoto Beroperasi Besok

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Masyarakat ibu kota negara (IKN) baru di Benua Etam Kaltim, khususnya Samarinda akan siap-siap menyambut libur Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan memanfaatkan penerbangan udara dari Bandara APT Pranoto Samarinda, sejak 16 Desember 2019.

Hal ini, karena telah selesainya pekerjaan atau rekonstruksi Taxiway yang dilaksanakan sejak 20 November-15 Desember 2019.

Sesuai notice to airmen (Notam) atau pemberitahuan yang disebarluaskan melalui peralatan telekomunikasi berisi informasi mengenai penetapan dimaksud, tujuannya untuk menjamin kelancaran operasional yang diterbitkan.

“Alhamdulillah sesuai jadwal besok Senin (16/12/2019) akan dioperasikan secara normal Bandara APT Pranoto Samarinda,” Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda Dodi Dharma Cahyadi dikonfirmasi via WhastApp di Samarinda, Minggu (15/12/2019).

Dodi mengatakan seruluh maskapai siap kembali beroperasi di APT, mulai Citilink, Lion Air, Batik Air, Wings Air, Express Air dan Susi Air. Sedangkan Nam Air akan melayani penerbangan pada Jumat (20/12/2019) dan Garuda Indonesia masih menunggu verifikasi Senin besok.

Menurut Dodi, pengoperasian ini juga sesuai hasil verifikasi teknis tim Direktorat Bandar Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub pada Sabtu (14/12/2019). Terhadap pekerjaan rekonstruksi Taxiway yang menyatakan pekerjaan telah memenuhi syarat dengan beberapa catatan.

“Jadi semua maskapai penerbangan sudah melakukan persiapan pada besok Senin untuk melayani penerbangan, terutama dalam menghadapi Nataru. Diharapkan keputusan besok terbaik untuk semua pengguna jasa,” jelasnya.

Kepala Bidang Perhubungan Udara Dishub Kaltim H Hasbi mengatakan, pihak UPBU APT Pranoto Samarinda telah menyampaikan surat pemberitahuan kepada Gubernur Kaltim tertanggal 15 Desember 2019 Nomor AU.006/4696/APTP/2019 perihal pengoperasian kembali Bandar Udara APT Pranoto Samarinda. (aya/sk)

Bagikan:

Related posts