Worksop Sarung Carnival, Wujudkan Generasi Muda Cinta Budaya Lokal

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Mewujudkan generasi muda yang mencintai budaya lokal, Dinas Pariwisata gelar Workshop Samarinda Sarung Carnival 2020 di Hotel MJ, Jl. Kh. Khalid. Rabu (26/02/2020).

Kepala Dinas Pariwisata, I Gusti Ayu Sulistiani memaparkan, workshop ini agar kedepannya warga Samarinda, khususnya generasi muda dapat menggali potensi-potensi budaya dan menuangkannya dalam bentuk kostum carnival. Kemudian memberikan pelatihan bagaimana proses pembuatan baju yang berakar dari budaya lokal.

Workshop ini diikuti 25 peserta yang dibagi menjadi 5 kelompok, acara akan berlangsung selama 3 hari, di hari pertama adalah pelatihan pembuatan kostum carnival yang diisi oleh narasumber Catur Erwin Widiyanto, yang didatangkan dari Banyuwangi Jawa Timur. Hari kedua dan ketiganya akan dilangsungkan perlombaan pembuatan kostum dengan unsur budaya lokal.

Wakil Walikota Samarinda M Barkati salut dengan adanya pelatihan ini.

“Workshop ini sangat bagus, karena kegiatan ini memancing kreativitas, dan memancing kecintaan terhadap budaya lokal kepada masyarakat Kota Samarinda, khususnya generasi muda Kota Samarinda,” ujar Barkati.

Barkati berharap, agar pelatihan ini bisa dikembangkan lagi, dan akan maju di pagelaran seni budaya lokal, nasional, maupun Internasional.

“Tentunya dengan adanya ini, kita bisa memancing turis domestik maupun asing untuk melihat unsur Pariwisata lokal Kota Samarinda,” tambah Barkati.

Acara dirangkai dengan pagelaran kostum yang modelnya staf Dinas Pariwisata, untuk tema keduanya mengambil unsur Burung Enggang, dan Kapal Tambangan. (Kmf15).

Bagikan:

Related posts