Posko Sterilisasi Covid-19 Dibangun, Warga Pelintas Kubar Diperiksa TNI-Polri

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Upaya pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) terus dilakukan oleh berbagai pihak, sinergi dari pemerintah dan unsur terkait bahu-membahu memutus penyebaran covid-19.

Dinas kesehatan Kutai Barat melalui Puskesmas Jambuk Makmur Kecamatan Bongan bersama Polres dan Kodim 0912 Kubar mendirikan Posko Pencegahan Covid-19 di perbatasan antara Kabupaten Kubar dan Kutai Kartanegara (Tenggarong).

Posko itu dibangun sebagai tempat sterilisasi awal bagi setiap orang yang akan masuk ke wilayah Kubar melalui jalur darat. Sehingga berlaku bagi setiap warga masyarakat yang berpotensi membawa virus corona dapat terdeteksi oleh tim medis di posko tersebut.

“Sesuai istruksi pemerintah dan hasil keputusan rapat Forkopimda Kubar, bahwa setiap pintu masuk wilayah wajib dibuat posko untuk melakukan pengecekan dan sterilisasi bagi setiap orang yang akan melintas,” ungkap Kapolres Kubar AKB Roy Satya Putra saat meninjau posko perbatasan di Bongan, Senin (6/4/2020).

Adapun yang bertugas dalam pemantaun di wilayah perbatasan (posko) tersebut, dijaga ketat dari personel Polres-Kodim 0912 Kubar dan petugas kesahatan setempat.

“Kita bertugas sesuai standar operasional dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Dari awal kasus ini personel Polres dan Kodim 0912 Kubar terus memantau setiap orang dan kendaraan yang masuk, harus mengikuti prosedur pengecekan Screening Covid-19 baru boleh masuk,” tukasnya.

Kapolres juga menegaskan bagi personel TNI-Polri yang bertugas di posko perbatasan, agar meminta setiap penumpang turun dari kendaraan untuk mempermudah petugas kesehatan melakukan serening alat pengukur suhu tubuh.

“Pesan buat anggota yang bertugas, jaga sopan santun dan mengedapankan cara-cara persuasif dalam meminta masyarakat untuk turun dari kendaraan agar dilakukan pemerikasaan. Lakukan sesuai SOP, jika ada bandel, beri penjelasan untuk kebaikan bersama,” tuturnya.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts