Data Pasien Covid-19 di Kubar, 5 Diantaranya Transmisi Lokal

Data Pasien Covid-19 di Kubar, 5 Diantaranya Transmisi Lokal

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur, menggelar konferensi pers terkait infografis sebaran kasus positif virus Corona, Minggu (10/5/2020).

Seperti biasa pusat data dan informasi penanganan Covid-19 disampaikan di Media Center Covid-19, bertempat di rumah jabatan Bupati Kubar di Sendawar.

Sabtu kemarin 09 Mei 2020, telah diumumkan satu pasien positif telah dinyatakan sembuh, sehingga jumlah pasien positif yang masih menjalani perawatan tim medis di RSP Linggang Bigung tersisa 15 orang.

“Satu pasien yang dinyatakan sembuh sudah dipulangkan kerumahnya tadi pagi. Namun tim medis menyarankan agar ia tetap menjalani isolasi mandiri selama 14 hari dirumahnya agar dapat sembuh total,” ungkap Sekda Kubar Yacob Tullur, Minggu (10/5/2020).

Untuk itu ia meminta kepada masyarakat agar selalu taat mengikuti anjuran pemerintah. Sebab, dari data 16 pasien yang positif corona 5 diantaranya merupakan transmisi lokal.

“Sesuai data yang positif ada 5 orang transmisi lokal. Oleh sebab itu agar kita tetap waspada dan berhati-hati untuk menjaga jarak (physical distancing) sesuai anjuran pemerintah,” imbau Yacob Tullur.

Lanjut dia, bahwa dari 15 pasien positif yang saat ini menjalani isolasi diruang perawatan RSP Linggang Bigung terdiri dari katagori pasien yaitu. ODP 4 orang, PDP 3 orang OTG 8 orang.

“Agar diketahui, saat ini tenaga medis masih merawat sisa pasien positif. Hal itu membuahkan hasil satu pasien yang dinyatakan sembuh,” imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, patut diapresiasi bahwa tenaga medis kita mampu menyembuhkan pasien positif corona seperti tenaga medis daerah pulau jawa. “Semoga tidak ada lagi tambahan pasien positif di Kubar,” pungkansnya.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)

Loading