Kaltim Nambah 5 Kasus Positif, OTG Kubar Sumbang 1 Kasus Lagi

“Tambahan 5 Kasus Positif Berasal Dari Kubar, Kukar dan Kutim”

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Update penyebaran kasus virus corona atau Covid-19 di kabupaten/kota Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) per tanggal 22 Mei 2020 terus bertambah.

Melalui video conference ke awak media pukul 12.00 Wita siang tadi, juru bicara percepatan penangan Covid-19 Kaltim, H Andi Muhammad Ishak menyampaikan tambahan kasus baru terkonfirmasi positif sebanyak 5 kasus.

Berdasarkan hasil uji PCR (Polymerase Chain Reaction) yang diterima dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya, tambahan kasus positif berasal dari Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kutai Timur (Kutim).

“Penambahan kasus terkonfirmasi positif, Kubar 1 kasus dengan kode KBR-20 (Laki-laki 18 tahun) merupakan OTG kontak erat KBR 18 dari kluster Gowa dengan Rapid test reaktif. Kasus dirawat di RS Pratama Kubar sejak 18 Mei 2020.

Sama halnya dengan Kukar terdapat 1 kasus positif dengan kode, KKR-45 (Laki-laki 34 tahun) merupakan OTG yang ditetapkan DPJP dan Dinkes Kukar dengan hasil Rapid test reaktif. Kasus dirawat di Wisma Atlet Kutai Kartanegara sejak 14 Mei 2020.

Sementara di Kutim berjumlah 3 positif dengan kode KTM-36 (Laki-laki 30 tahun), KTM-37 (Wanita 19 tahun), dan KTM-38 (Wanita 23 tahun), merupakan OTG kontak erat KTM 19 dan KTM 33 dari Kluster Gowa dengan hasil rapid test reaktif. Kasus dirawat di RSUD Kudungga sejak 18 Mei 2020.

“Oleh karena itu, masyarakat tetap waspada dan selalu mengikuti anjuran pemerintah di tengah masa pandemi Covid-19. Physical distancing dinilai menjadi salah satu kunci utama dalam memutus rantai penyebaran,” himbaunya.

Lanjut dia, Covid-19 memberikan dampak terhadap aktivitas masyarakat. Kunci utama mengatasinya terdapat pada diri masing-masing dan tetap menjalankan anjuran pemerintah.

“Inilah upaya yang bisa dilakukan di tengah pandemi. Jadi, tetaplah waspada. Karena penularan masih bisa terjadi. Kepada pihak keluarga yang terkonfirmasi positif, agar terus memberi dukungan dan semangat. Hal itu sangat membantu dalam proses pemulihan pasien,” pungkasnya.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts