Melihat Peta Politik, Parpol Gelora Sambangi Kandidat Pilkada Kubar

Melihat Peta Politik, Parpol Gelora Sambangi Kandidat Pilkada Kubar
Melihat Peta Politik, Parpol Gelora Sambangi Kandidat Pilkada Kubar

Loading

“Parpol Gelora Siap All Out Untuk Memenangkan Kandidat Yang Didukung”

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Setelah mendapatkan Surat Keputusan (SK) tentang pengesahan Badan Hukum dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly pada Selasa 2 Juni lalu, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelero) resmi menjadi partai politik (parpol) di Indonesia.

Arah dukungan Parpol Gelora pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 masih dinamis. Parpol yang dinahkodai oleh Anis Matta yang juga mantan Ketua Partai PKS itu, sepertinya tidak mau gegabah memutuskan pilihan apalagi sampai termakan manuver calon kandidat.

Hal itu disampaikan Ketua DPD Gelora Kabupaten Kutai Barat, Jamidi,S.Hi, kepada wartawan saat ditanya arah dukungan politik ke tiga kandidat calon bupati dan wakil bupati di Bumi Tanaa Purai Ngeriman pada Pilkada nanti.

Ketua dan Pengurus DPD Gelora Kubar silaturahmi kebangsaan dengan Wabup Kubar H Edyanto Arkan (Yakan)

“Masih wait and see, meski sebagian besar parpol sudah menentukan dukungan terhadap pasangan kandidat yang siap bertarung dalam Pemilukada nanti. Saat ini kita masih melihat peta politik, oleh karena itu kita sowan ke para tokoh politik sesuai isntruksi parpol,” terang Jamidi, Rabu (3/6/2020).

Ia mengatakan, para pasangan kandidat yang mencuat saat ini masih melakukan sosialisasi untuk menggejot hasil surveinya. Kata Jamidi, ini dilihat dari mulai masifnya pemasangan alat peraga kampanye dan pasangan calon juga mulai turun ke masyarakat.

“Bertepatan hari lahir Pancasila 1 Juni tadi, kita melakukan silaturahmi kebangsaan ke sejumlah tokoh politik. Pertama kita sambangi mantan Wabup Kubar H Didik Effendi salah satu tokoh Parpol PKB Kubar,” tutur Jamidi.

Ketua dan Pengurus DPD Gelora Kubar silaturahmi kebangsaan dengan H Ahmad Syaiful Acong kandidat (ASA)

Tidak hanya itu, Jamidi bersama anggota pengurus DPD Gelora Kubar juga bersilaturahmi ke pasangan cabup dan cawabup, seperti pasangan petahana Yapan-Arkan atau disingkat (Yakan), pasangan Ahmad Syaiful-Asrani (ASA) dan pasangan Martinus Kenton-Abdul Azizs (MAS).

“Setelah bersilaturahmi ke H Didik Effendi, kita sowan ke cawabup H Edyanto Arkan yang saat ini masih sebagai Wabup Kubar, selanjutnya ke pasangan MAS dan ASA. Tujuannya Parpol Gelora hanya untuk menjalin silaturahmi sesama partai politik,” imbuh Jamidi.

Mantan Ketua DPC PKS Kubar ini tak menampik, jika sudah sudah melihat hasil survey dari ketiga kandidat pasangan calon tersebut. Penentuan arah dukungan parpol juga ditentukan oleh pusat, bukan parpol di daerah.

Ketua dan Pengurus DPD Gelora Kubar silaturahmi kebangsaan dengan Martinus Kenton kandidat (MAS)

“Oleh karena itu, saat ini menilai performance untuk memetakan siapa kandidat yang bisa didukung dari partai kita ini. Apabila nanti sudah menentukan pilihan, maka Parpol Gelora akan All Out untuk memenangkan kandidat tersebut pada Pemilukada nanti,” tandasnya.

Optimis Jamidi mampu memenangkan kandidat yang didukung Parpolnya itu, disebabkan mesin politik Gelora tergolong 85 persen orang-orang professional dan kaum muda yang siap manuver calon kandidat menuju kursi Bupati dan Wakil Bupati mendatang.

“Buktinya Parpol Gelora didirikan pada 28 Oktober 2019 lalu. Dan kini resmi menjadi partai politik yang telah terbentuk di 34 provinsi di Indonesia. Artinya secara singkat semua administrasi dapat dipenuhi oleh para pendiri dan pengurus partai kita ini,” pungkas Jamidi.

Ketua dan Pengurus DPD Gelora Kubar silaturahmi kebangsaan dengan tokoh politik dari Parpol PKB H Didik Effendi

Adapun baberapa tokoh yang menjadi penggagas Parpol Gelora ini adalah mantan pimpinan Partai Keadilan Sejahtera, seperti Anis Matta, Fahri Hamzah, Mahfudz Siddiq, Rofi Munawar, dan Achmad Rilyadi.

Sedangkan menjadi penggagas diwilayah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yaitu Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi sebagai Ketua DPW Partai Gelora Kaltim yang merupakan eks petinggi PKS Kaltim.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)