Bisa Panggilan Darurat, RSUD HIS Buka Layanan Online LAPOR HIS

Bisa Panggilan Darurat, RSUD HIS Buka Layanan Online LAPOR HIS
Bisa Panggilan Darurat, RSUD HIS Buka Layanan Online LAPOR HIS

Loading

Caption: Pj Sekda Kubar H Achmad Sofyan didampingi Dirut RSUD HIS dr Akbar saat mengakses website layana pengaduan online melalui browser internet dengan mengklik situs LAPOR HIS

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Seiring berkembangnya teknologi berbasis online yang dapat diakses melalui smart phone oleh masyarakat di seluruh pelosok penjuru Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur.

Kini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Harapan Insan Sendawar (HIS) Kubar , membuka layanan pengaduan online LAPOR HIS yang diresmikan Pj Sekda Kubar H Achmad Sofyan di aula rumah sakit itu, Selasa (16/6/2020) siang.

Layanan online tersebut dapat memudahkan masyarakat dalam menyampaikan pengaduannya hanya melalui genggaman dengan cara mengisi formulir pengaduan kritik, saran dan keluhan layanan serta apresiasinya yang akan ditampung oleh Admin website LAPOR HIS.

“Layanan online ini sejalan dengan misi pembangunan daerah yaitu, peningkatan kualitas SDM melalui pelayanan kesehatan dan pendidikan yang semakin berkualitas menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” ungkap Pj Sekda Kubar Achmad Sofyan dalam peresmian tersebut.

Oleh karena itu, dalam hal pengaduan masyarakat terkait layanan kesehatan dapat diketahui secara efektif dan mudah diketahui oleh pihak pengelola rumah sakit melalui LAPOR HIS yang telah dirasakan oleh pasien terkait layanan kesehatan.

“Hasil surpey layanan kesehatan pada 2019 lalu, sangat diharapkan adanya perbaikan dan peningkatan layanan kesehatan kepada masyarakat. Kiranya program tersebut dapat berjalan sesuai rencana pihak pengelola RSUD HIS,”   

Terang Sofyan dalam sambutan tertulis Bupati Kubar FX Yapan.

Terlebih saat ini RSUD HIS mendapat pringkat akreditasi tingkat Madya yang mampu menjadi boster pendorong untuk terus berbenah dalam peningkatan layanan kepada masyarakat melalui ketersedian fasilitas kesehatan yang menunjang kegiatannya.

“Pemerintah sangat mengharapkan melalui layanan pengaduan online oleh masyarakat ke LOPOR HIS, agar dapat ditindak lanjuti dengan optimal. Tentu dalam mengenalkan sebuah program baru pasti ada tantangannya, oleh sebab itu agar meningkatkan layanan ini untuk sehingga sukses menjaring aspirasi masyarakat,” pintanya.

Sementara Direktur RSUD HIS dr Akbar menjelaskan, program online LAPOR HIS tersebut dibentuk memalui kerjasama dengan Diskominfo Kubar. Dengan tujuan meningkatkan layanan kesehatan sesuai pengaduan masyarakat Kubar.

“Layanan LAPOR HIS selain menerima kritik, keluhan dan saran dari masyarakat, layanan online ini juga dapat digunakan oleh warga dalam laporan darurat, sehingga dapat direspon cepat oleh Admin website yang akan disampaikan ke tim kesehatan rumah sakit,” jelas Akbar.

Lanjut Akbar, program ini dibuat karena ketersedian kotak kritik, saran dan keluhan masyarakar yang terpajang disetiap sudut RSUD HIS banyak tidak terisi oleh masyarakat pasien maupun pengunjung rumah sakit.

“Selama ini kita melihat banyak kritik saran dan masukan oleh masyarakat melalui media sosial. Sehingga kita membuat layanan klik LAPOR HIS ini atas dasar pengaduan masyarakat yang dapat kita tanggapi dengan cepat. Nanti bisa terhubung langsung melalui WhatsApp, ” pungkasnya.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)