Masjid Al Muhajirin Borneo 2 Sembelih 17 Hewan Qurban, 1 Sapi Limosin dengan Protokol Kesehatan

Caption: Penyembelihan sapi limosin di masjid Al Muhajirin Perum Bornoe Mukti 2.

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Masjid Al Muhajirin Perumahan Borneo Mukti 2 Jl Damanhuri II kelurahan Mugirejo kecamatan Sungai Pinang terus melanjutkan tradisi pemotongan hewan qurban. Tahun ini yang berbeda 1 satu ekor sapi limosin dari toal 17 hewan qurban, 8 ekor sapi, 9 kambing.

“Alhamdulillah ini semua sifat atau jiwa sosial untuk berbagi bersama warga perumahan yang mempunyai kelebihan rejeki untuk berkurban,” ucap ketua Pengurus Masjid Al Muhajirin Hudali Mukti kepada Swara Kaltim, Sabtu (1/8/2020).

Apalagi lanjut Hudali yang juga Dekan Fakultas Hukum Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda ini, di masa pandemi Covid-19 panitia tetap menjaga protokol kesehatan.

“Semoga keteladanan nabi Ibrahim bisa kita terapkan. Dimana kami sebagai panitia qurban menerima dan menyalurkan semata-mata untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT,” tutur Hudali didampingi ketua Panitia Hewan Qurban Masrani.

Hudali juga berharap di tahun-tahun selanjutnya tetap terlaksana dan hewan qurban akan lebih banyak lagi.

Untuk mekanisme pendistribusian tetap mengutamakan protokol kesehatan, dimana sebutnya akan memperpanjang waktu pengambilan daging, yang mana biasa sampai jam 4 sore untuk mengurangi terjadinya kerumunan diperpanjang hingga jam 6 sore.

“Untuk pendistribusiannya setelah yang muslim terbagi kita juga membagi kepada yang non muslim. Jadi sebagai toleransi antar umat beragama, yang non muslim tetap dapat,” timpal Masrani menambahkan.

Hudali mengemukakan untuk kupon yang beredar sekitar 700 lebih. “Bagi yang berkurban juga kebagian 1/3. Kami harapkan pula mereka yang berkurban dari 1/3 tadi bisa membagi ke keluarga mereka sehingga keluarga mereka bisa ikut merasakan,” imbuh Hudali.

Masrani kembali menambahkan jumlah hewan qurban yang tiap tahunnya cukup banyak ini selain memang sifat berbagi yang luar biasa, panitia menerapkan pola arisan.
“Dari 8 sapi, 7 sapinya arisan, 1 sapinya dari satu orang,” pungkas Masrani.(dho)

Penulis : Doni

Editor : Alfian

Bagikan:

Related posts