Walaupun Sederhana, Pemkab Kubar Sukses Gelar Upacara HUT RI ke-75

Caption: Tampak Bupati Kubar FX Yapan saat memimpin upacara peringatan HUT RI ke-75 di halaman Kantor Bupati Kubar, Senin (17/8/2020).

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Berbeda dengan upacara HUT RI tahun sebelumnya, tahun ini Pemkab Kutai Barat melaksanakan upacara HUT RI ke-75 dan Pengibaran Bendera Merah Putih di halaman Kantor Bupati Kubar, Senin (17/8/2020).

Upacara dilaksanakan secara sederhana, khidmat, sangat minimalis dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, berlangsung sejak pukul 9.00 WITA, dipimpin Bupati Kubar FX Yapan sebagai Inspektur Upacara.

Pada upacara tersebut diikuti oleh Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan, Ketua DPRD Kubar Ridwai, Pj Sekda H Akhmad Sofyan, serta jajaran Forkopimda, para asisten dan pimpinan OPD teras Pemkab Kubar.

Sementara Kapten INF Rahman Sahanung bertindak sebagai Komandan Upacara HUT RI ke-75, kemudian peserta diikuti 30 personel masing-masing dari Kodim 0912/Kbr, Polres dan Satpol PP Kubar, serta tiga personel Paskibraka Kubar.

Pelaksanaan upacara dirangkaikan pula dengan penyerahan tanda kehormatan satya lencana karya satya 10, 20 dan 30 tahun, penyerahan cenderamata dan piagam penghargaan, serta simbolis penyerahan bantuan paket sembako.

“Peringatan HUT RI ke-75 tahun ini tentunya diselimuti rasa haru karena perayaannya sangat berbeda dengan kondisi-kondisi sebelumnya,” ungkap Yapan didampingi Edyanto Arkan, usai kegiatan itu kepada awak media di Sendawar.

Yapan menyebut, saat ini seluruh masyarakat ibarat berperang dengan musuh yang tidak nyata, sehingga Pemerintah, masyarakat dan dunia berusaha bahu membahu bertahan dan berupaya untuk meminimalisir potensi penularan Covid-19.

“Hanya komitmen kita semua yang mampu meminimalisir potensi virus pandemi yang mewabah saat ini. Covid-19 ini, memberikan pelajaran berharga bagi kita semua begitu pentingnya tetap menjaga semangat kesatupaduan, sebagaimana yang telah diwariskan oleh Pahlawan Kusuma Bangsa yang telah mendahului kita,” pungkas Yapan.

Selain peserta yang hadir, upacara HUT RI ke-75 tahun 2020, juga diikuti secara virtual oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di tingkat Kabupaten Kubar, Kecamatan dan Kelurahan serta aparat kampung di Ibu Kota Sendawar.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts