Pemerintah Kucurkan Rp7,8 Miliar, PKM Laham Resmi Beroperasi

Caption: Bupati Mahulu meninjau ruang pelayanan kesehatan di PKM Laham setelah diresmikan, Jumat (25/9/2020)

“Tahun 2020 Akan Dibangun PKM Baru di Long Bagun”

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu terus membangun infrastruktur kesehatan untuk mendukung upaya peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di wilayah ini.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Mahulu, Agustinus Teguh Santoso, mengatakan salah satu bentuk implementasi program Nawacita ini, Pemkab Mahulu mendapatkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan secara menyeluruh.

Anggaran dialokasikan melalui program DAK Afirmasi sejak tahun 2017 lalu telah dibangun dua unit Rumah Sakit Pratama diwilayah ini. Yaitu RSP Gerbang Sehat Mahulu Ujoh Bilang dan RSP Nawa Cita Datah Dave Long Lunuk.

“Secara bertahap juga telah dibangun Puskemas berstandar nasional di Tiong Ohang, Kecamatan Long Apari, Puskesmas Long Hubung dan Puskesmas Laham ini dengan pengunaan anggaran DAK sebesar Rp 7.8 miliar lebih,” jelas Teguh, dalam peresmian yang ditandai penandatangan prasasti oleh Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh, Jumat (25/9/2020).

Kucuran dana miliar rupiah dari DAK itu untuk pembangunan gedung rawat inap Puskesmas Laham, beserta rumah dinas, dan fasilitas ruang lainnya.

Maka dari itu, lanjut pria yang akrab disapa dr Teguh ini, untuk mendukung hal tersebut perlu dilakukan berbagai upaya penguatan. Antara lain dilakukan melalui pemenuhan sumber daya Puskesmas seperti, sarana infrastuktur berupa bangunan dan alat-alat kesehatan.

“Tahun 2020 ini, Dinkes Mahulu kembali mendapat kucuran dana segar dari Pemerintah Pusat untuk pembangunan Puskesmas Long Bagun, dan tahun 2021 kembali mendapat satu paket pembangunan Puskesmas di Long Pahangai,” tutur Teguh.

Menurut dia, alokasi dana untuk pembangunan Puskesmas yang dianggarkan dalam DAK bukan hanya untuk fisik bangunan, tapi juga peralatan kesehatan, rumah dinas, dan termasuk sarana transportasi seperti mobil ambulans.

Penulis : Alfian

Editor. : Redaksi (SK)

Loading