FX Yapan Resmikan Kandang Sapi KNPI Kubar

Caption: Bupati Kubar FX Tapan, Ketua DPD KNPI Kubar Cannisius Arjan dan Direktur PT BSJ Suparlan, saat meresmikan kandang ternak penggemukan sapi di Kampung Keay Kecamatan Damai, Rabu (7/4/2021).

Arjan : Sektor peternakan merupakan peluang usaha memiliki prospek cerah

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Bupati Kabupaten Kutai Barat FX Yapan, meresmikan kandang sapi DPD KNPI Kubar, di wilayah Kampung Keay, Kecamatan Damai, Rabu (7/4/2021) pagi.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita disaksikan Kabid Pengembangan Usaha dan Peternakan Kaltim I.G Made Jaya Adhi dan Forkopimda setempat, serta pejabat terkait yang juga dihadiri Ketua MPI DPD KNPI Kubar, para camat dan petinggi kampung setempat.

Kandang sapi tersebut dibangun DPD KNPI Kubar untuk program penggemukan sapi, bekerjasama dengan kelompok ternak PT Berkah Salama Jaya (BSJ) Kaltim di support dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Pertamina dan Smepp Mor VI.

Bupati Kubar FX Yapan Ketua DPD KNPI Kubar Cannisius Arjan, Kabid Pengembangan Usaha dan Peternakan Kaltim I.G Made Jaya Adhi serta pejabat terkait, menyaksikan penandatangan MoU oleh Direktur PT BSJ Suparlan dengan kelompok ternak mandiri berkah salama jaya di Kubar

“Ini menjadi harapan baru, yang berkaitan dengan strategis kerja DPD KNPI Kubar dibidang peternakan berkerjasama dengan PT BSJ Kaltim wilayah Kubar, bisa berjalan dengan baik,” ungkap Yapan.

Ia menyebut, peran strategis KNPI dalam pembangunan di Kubar, harus menjadi pelopor penggerak bagi masyarakat dalam pembangunan yang searah dengan visi dan misi Pemkab Kubar.

“Dengan soliditas dan dengan sistem organisasi yang baik, KNPI diharapkan mengambil peran yang maksimal dalam pembangunan yang kini tengah berjalan. Saya berharap peternak sapi di Kubar dapat menjadi pemasok daging sapi di Kaltim,” harap Yapan.

Bahkan ia menyampaikan, untuk memajukan sebuah peternakan juga harus ditunjang oleh peternak yang inovatif. Artinya, jika peternak ingin berhasil dibidangnya, peternak harus bisa mengelola manajemen dengan baik, seperti mampu membuat pakan alternatif sendiri.

“Kunci peternakan itu sebenarnya simpel, selain bisa memanajemen dengan baik, peternak juga harus bisa membuat pakan sendiri untuk mengurangi biaya operasional pakan dan jangan tergantung terhadap pakan pabrikan,” tandas Yapan saat memberi pengarahan.

Ia juga minta KNPI dan PT BSJ untuk benar-benar membina kelompok ternak yang ada di Kubar. Sebab, kedepannya bupati menginginkan beberapa kampung mampu menjadi sentra peternakan, agar nantinya menguatkan ketahanan pangan di Bumi Sendawar.

Salah satu pilar ketahanan ekonomi masyarakat, diantaranya adalah berbasis rumahan. Oleh karena itu Pemkab mendorong untuk menumbuhkan perekonomian yang berbasis rumahan, komunal, kampung, desa, pertanian, peternakan, dan perikanan.

“Semoga KNPI dan PT BSJ sukses dibidang peternakan. Oleh karena itu kita berharap kedepannya bisa jadi pemasok kebutuhan daging sapi di Kaltim. Selain itu bisa mengembangkan sektor peternakan jadi objek wisata diwilayblah ini,” harap Yapan.

Sementara Ketua DPD KNPI Kubar Cannisius Arjan mengatakan, kandang sapi tersebut, merupakan langkah awal dalam gerakan pemuda dibidang sektor peternakan untuk pembangunan Kubar yang lebih baik lagi.

“Sektor peternakan merupakan peluang usaha yang memiliki prospek cerah untuk terus dibudidayakan oleh warga masyarakat. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan daging sapi untuk wilayah Kaltim pada umumnya,” jelas Arjan.

Penulis : Alfian

Editor : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts