Wabup Mahulu Ikuti Pemilihan BPK Ujoh Bilang

Caption: Tampak Wabup Mahulu Yohanes Avun mengikuti pencoblosan dalam pemilihan BPK Kampung Ujoh Bilang, Rabu (28/4/2021)

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) memiliki peran strategis dalam mewujudkan pembangunan kampung. Hal itu tertuang dalam ketentuan peraturan perundang-undangan pasal 55 UU No6/2014.

Oleh karena itu BPK berperan penting di pemerintahan kampung karena memiliki fungsi membahas dan menyepakati rancangan Peraturan Desa Bersama Kepala Kampung.

Maka dengan itu Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), menggelar pemilihan BPK secara umum layaknya pemilihan kepala daerah. Kegiatan tersebut berlangsung Balai Adat Ujoh Bilang, Rabu (28/4/2021).

Camat Long Bagun Yason Liah dan Kadis DPMK Mahulu Damianus Tamha, turut menyalurkan hak pilihnya dalam pemilihan BPK Kampung Ujoh Bilang

Ketua panitia penyelengaran pemilihan BPK Kampung Ujoh Bilang, Stanis Laus Leo mengatakan, dalam pemilihan itu di ikuti 9 peserta calon BPK yang masing-masing mewakili dari 15 rukun tetangga (RT) di kampung yang dikenal sebagai pusat ibu kota Kabupaten Mahulu saat ini.

“Jumlah daftar pemilih tetap atau DPT ada 3.400 suara. Dimana 9 calon BPK ini di pilih secara umum oleh masyarakat kampung Ujoh Bilang dengan mencoblos suarat suara yang telah di sediakan oleh panitia penyelenggara,” jelas Leo.

Dalam pemilihan BPK yang di lakukan secara pemilihan umum layak nya pemilihan kepala kampung maupun legaslatif ini, dinilai sangat efektif, karena bagi siapa saja yang berdomisili di kampung Ujoh Bilang dapat mencalon diri sebagai BPK.

“Bisa kita lihat antusias pemilih dalam pelaksaan pemilihan BPK kampung Ujoh Bilang saat ini. Tak heran jika Wakil Bupati Mahulu Yohanes Avun juga terdaftar sebagai pemilih, karena beliau warga Ujoh Bilang. Selain itu ada Kadis DPMK Mahulu Damianus Tamha juga ikut memilih hari ini tadi,” imbuhnya.

Selaku ketua paniti penyelenggara pemilihan BPK, Leo sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat kampung ujoh bilang dan seluruh tim panitia yang telah mengsukseskan acara ini sejak awal terbentuk nya panitia pemilihan sampai dengan akhirnya berjalan tertip dan aman.

“Untuk yang tidak terpilih sebagai BPK jangan berkecil hati karena langkah kalian tidak hanya terhenti di sini saja. Teruslah berkarya karena di tahun-tahun berikutnya masih banyak kesempatan untuk menjadi yang terpilih,” tukas Leo.

Pantauan swarakaltim.com, pemilihan BPK Kampung Ujoh Bilang selain dihadiri Wakil Bupati Mahulu dan sejumlah pejabat diwilayah ini. Proses pemilihan juga disaksikan Camat Long Bagun Yason Liah yang juga terdaftar sebagai pemilih.

Berikut nama peserta dan nomor calon BPK Kampung Ujoh Bilang:

  1. Yasintus Milang Liah
  2. Yoandri Cipta Chrisly
  3. Rini Indriani
  4. Margareta Ulan M
  5. Yakobus Jaang Daung
  6. Hermanus Bayo Lung
  7. Yohanes Jalung Lawing
  8. Desirius Lidan
  9. Mardi, S.Sos

Penulis : Rahmad Vino

Editor : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts