Peringati Hari Kebebasan Pers Sedunia, Wakil Ketua DPRD Kaltim Inginkan Pers Patuh Aturan Jurnalistik

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Dalam rangka memperingati Hari Kebebasan Pers di Indonesia, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun, SE, M.Si menggelar diskusi dengan awak media di Kopi Nadi Jl. Juanda Kota Samarinda, Selasa (4/5/2021).

Dalam kegiatan diskusi ini hadir pula Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi bersama Sekretaris PWI Kaltim Wiwid Marhaendra, Ketua SMSI Kaltim, Abdurrahman Amin serta awak media baik cetak, online maupun elektronik (TV dan Radio).

Dalam kesempata berkumpul dan berdiskusi Muhammad Samsun berharap para Jurnalis dalam menyajikan berita harus dibuktikan dengan data dan sumber yang valid.

“Karena peran media massa dan insan pers sangat penting dalam pembangunan daerah, khususnya wilayah Kaltim,”ungkapnya.

Ia menambhakan, dengan adanya pers dapat memberikan informasi terkini kepada masyarakat guna menambah wawasan disegala bidang, namun seringkali insan pers mendapatkan ancaman dari oknum yang tidak diinginkan.

Meskipun begitu Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun, malam mengatakan kebebasan pers pasca reformasi lebih baik jika dibandingkan orde lama.

“Dizaman orde lama lebih ketat dalam memberikan informasi ke layak umum, ketimbang yang saat ini,” ucapnya.

Meskipun saat ini lebih bebas, ia meminta kepada perusahaan pers ataupun wartawan tetap patuh kepada aturan jurnalistik yang berlaku.

“Saya berharap para jurnalis bisa memberikan informasi yang dapat mencerdaskan bangsa,” pesannya.

Sebelum melaksanakan berbuka bersama wartawan yang hadir, Samsun kembali mengingatkan bahwa zaman dulu pers tidak bebas seperti sekarang.

“Ayo kita merenung melihat sejarah pers memegang peranan yang sangat penting, dan hari ini sudah bebas, namun bertanggung jawab atas segala pemberitaannya,” pungkasnya. (AI)

Editor : Alfian (SK)

Publisher : Rina

Bagikan:

Related posts