Cek Ketersediaan Tempat Tidur Lewat Aplikasi Siranap, Mengetahui Stok Obat Covid-19 dengan Farmaplus

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengeluarkan beberapa aplikasi yang langsung mendapat perhatian publik karena memang bagus dan dibutuhkan di masa pandemi sekarang ini.

“Salah satunya telah dikenalkan awal tahun ini oleh Kemenkes sebagai upaya membantu masyarakat untuk bisa lebih cepat mencek keberadaan kamar di Rumah Sakit yang ada di wilayah Indonesia,” kata kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kaltim) Muhammad Faisal kepada Swara Kaltim, Minggu (18/7/2021).

Namanya SIRANAP atau Sistem Informasi Rawat Inap Rumah Sakit, dimana masyarakat dapat mencek ketersediaan tempat tidur di Rumah Sakit seluruh Indonesia, baik untuk pasien Covid-19 atau tidak.

“Layanan aplikasi dari Kemenkes ini sangat bermanfaat, terutama di masa pandemi covid-19 ini sehingga memungkinkan sebelum pergi dari rumah dicek dulu ketersediaan kamar di SIRANAP atau melalui link ini https://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/ lalu konfirmasi di reception nya, baru mendatangi Rumah Sakit tersebut,” lanjut Faisal.

Kemudian yang paling baru diluncurkan adalah aplikasi untuk mengetahui stok obat covid-19 di Apotik sehingga memudahkan masyarakat yang membutuhkan obat tersebut bisa lebih cepat mendapatkannya.

“Satu lagi aplikasi yang bagus keluaran Kemenkes adalah FARMAPLUS untuk mengetahui informasi stok obat Covid-19 di Indonesia, masyarakat bisa mengakses ke situs https://farmaplus.kemkes.go.id/,“ ucap Faisal yang juga masih menjabat sebagai Ketua Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kaltim.

Masyarakat akan dapat dengan mudah mengetahui posisi stok obat-obatan covid di Apotik yang ada di sekitar lokasinya, sehingga jika mendapat resep dokter yang berhubungan dengan Corona dapat dengan mudah dan cepat memperolehnya, tinggal langsung pergi ke Apotik yang posisi stoknya masih ada.

Sedangkan untuk informasi terkait Covid-19 bisa mengunjungi situs resmi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di https://covid19.go.id/.(dho)

Editor : Redaksi

Publihser : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts