Ketua Dekranasda Samarinda: Selamat Hari Batik Nasional, Ayo Bersama Kita Lestarikan

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Peringatan Hari Batik Nasional 2021 jatuh tepat pada hari ini, Sabtu, 2 Oktober 2021. Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Samarinda Rinda Wahyuni Andi Harun mengajak untuk semua lapisan masyarakat supaya dengan penuh semangat melestarikan Batik sebagai warisan bangsa.

“Masih malu pakai batik? Bule aja suka batik lho. Ayo cintai dan pakai batik mulai sekarang di momen Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021,” ucap Rinda kepada wartawan, Sabtu (2/10/2021).

Rinda mengatakan harus bangga dengan batik dari negeri sendiri sebagai warisan budaya dari Indonesia.

“Banyak orang bangga dengan batik kita. Masak kita tidak cinta dan tidak mau melestarikannya,” imbuh isteri wali kota Samarinda ini.

Apalagi lanjut Rinda Batik Indonesia menjadi salah satu warisan budaya dari Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO.

“Hari ini 2 Oktober kita bangsa Indonesia memperingati hari Batik Nasional, karena pada tanggal 2 Oktober ini adalah hari pengakuan batik Indonesia sebagai warisan dunia atau Warisan Kemanusiaan oleh UNESCO, sejak 2 Oktober 2009,” tutur Rinda yang juga ketua TP PKK Samarinda.

Ia mengatakan Batik merupakan warisan bangsa yang mencerminkan keluhuran budaya. “Saat ini batik tak hanya tampil dalam bentuk busana, tetapi juga aksesoris lainnya. Untuk itu mari terus kita bersama melestarikan batik Indonesia,” pungkas Rinda dibenarkan Plt Kepala Dinas Perindustrian kota Samarinda Rita Dinar Tiurmaida.(dho)

Bagikan:

Related posts