Pemkab Berau Gelar Pedas, Tingkatkan SDM dan Kreativitas Pemuda

Foto susana kegiatan.

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Sebanyak 15 orang perwakilan dari beberapa kecamatan di Bumi Batiwakkal, mengikuti Pelatihan Desain Grafis (Pedas) yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). Membuka kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi pemuda tahun 2021, yang bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan kreatifitas pemuda itu, mewakili Bupati Berau Sri Juniarsih MAS Asisten 1 Setda Berau Hendratno.

Dalam sambutannya Asisten 1 Setda Berau Hendratno menyampaikan, kegiatan digelar Dispora hari ini (Selasa) luar biasa, karena telah menempuh satu langkah positif demi kemajuan pembangunan perekonomian di Kota Sanggam. Semoga dengan adanya pelaksanaan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi pemuda pemudi daerah serta untuk meningkatkan kepedulian terhadap potensi lokal Berau dalam rangka menciptakan ekonomi kreatif yang mandiri dan berdaya saing.

“Terlebih di masa pandemi yang kita hadapi saat ini untuk itu dibutuhkan strategi tepat sasaran untuk menuntaskan dua (2) permasalahan salah satunya adalah pemberdayaan UMKM melalui pelatihan kewirausahaan ini,” ungkap beliau. Melalui program pendidikan kecakapan ini juga tambah beliau, mudahan mampu tercipta lapangan kerja atau wirausaha yang menjadi salah satu strategi dapat mengantisipasi sekaligus menekan angka kemiskinan dan pengangguran.

“Untuk itu saya menyambut baik kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan minat pemuda untuk dapat berpartisipasi dalam meningkatkan ekonomi kreatif mandiri karenanya secara khusus saya berpesan kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti pelatihan ini secara serius dan sungguh-sungguh dengan mengikuti tahapan dan proses yang ada karena pelatihan ini paling tidak akan memberikan pengetahuan yang memadai tentang bagaimana strategi ataupun kiat-kiat usaha yang akan menjadi dasar-dasar untuk keterampilan saudara-saudara sekalian,” imbuh Hendratno. 

Lanjut beliau, dalam berwirausaha ketika pelatihan diikuti dengan sungguh-sungguh dan tentunya menyerap semua ilmu yang disampaikan baik yang mengikuti pelatihan maupun orang yang berwirausaha yang mumpuni hingga nantinya layak bersaing di era global ini bahkan dapat mengembangkan usaha ke dalam skala yang lebih besar yang pada akhirnya dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat.

“Besar harapan saya pasca pelatihan ini akan lahir para entrepreneur muda berbakat pemuda-pemudi asli Kabupaten Berau yang telah mengharumkan nama daerah ini dengan memanfaatkan kekayaan Bumi Batiwakkal yang tercinta.Potensi daerah kita besar khususnya dan kerajinan tangan asyarakat Berau luar bisa kreatif, saya yakin tatkal kita dapat mengasahnya secara kreatif maka akan bernilai komersial tidak hanya di tataran nasional tapi kelak mampu mendunia,” Hendratno.

Nampak pembukaan ditandai dengan penyematan bet nama kepada perwakilan peserta oleh Asisten 1 Hendratno didampingi Kadispora Berau Amiruddin, bertempat di Balai Mufakat Jl Cendana Kecamatan Tanjung Redeb, Selasa (06/10/2021). (nht)

Bagikan:

Related posts