IFC Siap Gelar Fashion Show di Paris, Desainer Sofie X Rose.Ma.Lina Tampilkan Beyond Norms ke Mata Dunia

Loading

Teks Foto : Sofie bersama perwakilannya akan mengikuti kegiatan Front Row di Paris akhir bulan Agustus 2022 ini. Dengan membawakan 10 look karyanya bersama Rose.Ma.Lina. (Istimewa)

JAKARTA, Swarakaltim.com – Indonesia Fashion Chamber (IFC) kembali memboyong beberapa desainer binaannya untuk menggelar fashion show di Paris. Jika sebelumnya kegiatan ini diberi nama LA MODE Sur La Seine à Paris, kini berubah nama menjadi Front Row.

National Chairman Indonesian Fashion Chamber Ali Charisma punya alasan di balik perubahan nama tersebut. Menurutnya, dengan nama baru ini diharapkan koleksi Indonesia bisa dibawa lebih banyak ke negara-negara lain, tak hanya Paris.

“Jadi, dengan nama baru ini kegiatan kami tak hanya ditargetkan digelar di kapal pesiar yang menyusuri Sungai Seine di Paris, melainkan dapat diselenggarakan juga di tempat dan kota lain demi memperluas jangkauan pasar, terutama pasar Eropa,” kata Ali dalam konferensi pers Front Row Paris di The Westin Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Front Row sendiri merupakan program berkelanjutan The Fashion Journey IFC dengan tujuan memperkenalkan potensi desainer Indonesia yang telah siap memasuki pasar global, antara lain Eropa yang memiliki pengaruh besar terhadap industri fashion dunia.

Nah, di tahun ini, tepatnya pada 29 Agustus hingga 5 September 2022, Front Row Paris akan menjadi medium bagi desainer Indonesia semakin dikenal di pasar Eropa. Tak hanya di Paris, tapi rombongan desainer akan melakukan fashion tour ke Kota Brusel dan Amsterdam.

Kegiatannya juga bukan hanya fashion show, tapi diketahui ada business matching, dan pop up store yang kesemuanya diselenggarakan di Paris, Perancis.

Ada 17 desainer dan jenama Indonesia yang akan unjuk karya di event ini. Mereka antara lain, Ali Charisma, Deden Siswanto, Lisa Fitria, Lenny Agustin, NY by Novita Yunus, Rose.Ma.Lina x Sofie, Phillip Iswardono, dan Roemah Kebaya Vielga.

“Untuk koleksi yang akan dibawakan saat Front Row Paris nanti ada 10 look atau pakaian. Dengan mengusung tema Beyond Norms,” jelas Sofie, Designer ternama di Indonesia ini pada awak media.

Tema tersebut merupakan lanjutan koleksi saat sjow di Muffest beberapa waktu lalu di Ritz Carlton Pasific Place, Jakarta. Bertemakan Beyond Protocol.

“Semua tema tersebut merupakan karya saya berkolaborasi dengan Rose.Ma.Lina. Yang terinspirasi dari para Traveller yang melakukan perjalanan dari benua Asia menuju Eropa,” terang pria yang bernama lengkap Ahmad Sofiyulloh ini.

Seperti diketahui, Sofie merupakan designer handal dan sudah melalangbuana ke penjuru dunia. Melalui tema Beyond Norms ini, Sofie bersama Rose.Ma.Lina ingin menampilkan ekpresi yang mengungkapkan keceriaan, kebebasan yang melampaui kebiasaan.

Yang mana, garis design tetap menegaskan ciri khas Androgyn dari Sofie, namun lebih playful colour dan motif.

“Jadi design kali ini kaya akan perpaduan motif floral dan paket warna terang yang cerah khas Asia. Serta ada motif abstrak dalam koleksi jaket, outer, bloues dan bottim, hingga mitch dan macht,” urai Sofie.

Rencananya, Sofie bersama rombongan akan berangkat ke Paris pada 30 Agustus 2022 mendatang.

Ia berharap, penampilannya bersama Rose.Ma.Lina akan mendapatkan buyer atau pembeli dari produk yang ditawarkan. Sekaligus memperlihatkan kepada dunia, bahwa Indonesia juga memiliki designer-designer handal dan layak diperhitungkan.

“Kita juga akan sambil belajar. Untuk mengetahui apa yang sebenarnya diharapkan calon pembeli dari luar ini. Apakah harga, material dan stylenya bisa masuk ke pasar Eropa,” ungkapnya. (*)