Direktur RSJD Atma Husada Mahakam Sowan ke Wagub

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Direktur Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Atma Husada Mahakam Samarinda dr Indah Puspitasari, sowan ke Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, bertempat di Rumah Dinas Wakil Gubernur Kaltim, Jalan Milono Samarinda, Senin (7/11/2022).

Wagub Hadi Mulyadi kembali mengucapkan selamat mengemban amanah sebagai Direktur RSJD Atma Husada Mahakam. Dan program-program yang telah dirintis direktur sebelumnya dapat terus dilanjutkan khususnya dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Semoga hal yang positif dari direktur sebelumnya bisa dilanjutkan, dan diharapkan ada inovasi-inovasi baru dan dapat menyosialisasikan serta membudayakan Germas (gerakan masyarakat hidup sehat) dengan lebih baik dalam mengelola kesehatan,” pesan Hadi Mulyadi.

Menurut mantan legislator Karang Paci dan Senayan itu mengatakan membudakan Germas sangat penting, selain melaksanakan pola hidup sehat sehingga masyarakat dapat sehat fisiknya, sehat rohaninya serta sehat pikirannya.

“Oleh karena itu, tugas RSJD Atma Husada Mahakam cukup berat melakulan rehabilitasi yang sifatnya menstabilkan kembali jiwa dan pikiran terhadap warga binaan yang mengalami gangguan jiwa, tapi yakin dan percayakan kepada RSJD bisa berjalan dengan baik,” tandasnya.

Wagub Hadi Mulyadi juga mengharapkan harus ada edukasi dan langkah-langka preventif,  bagaimana cara hidup yang sehat, pikirannya sehat, dan perbanyaklah aktivitas yang postif dengan melakukan olahraga, seni dan sebagainya.

Indah Puspitasari mengatakan kunjugan ke Wakil Gubernur Kaltim selain sowan dan bersilaturahmi sekaligus meminta dukungan karena beliau (wagub) adalah pemimpin, serta bersama-sama dalam mewujudkan masyarakat tetap sehat, baik sehat jasmani dan rohani dengan menggalakan Germas.

“Dengan Germas kita harapkan agar tidak jatuh ke hilirnya RSJD Atma Husada Mahakam, akan tetapi di hulunya kita harus preventif, promotif tidak hanya kuratif dari rehabilitasi tapi dihilirnya jangan sampai terjadi gangguan jiwa yang parah,” tandasnya.

Indah Puspitasari juga menginginkan agar masyarakat penanganan gangguan jiwa terlambat, karena kesehatan jiwa sifatnya seumur hidup dan mengharapkan masyarakat hidup sehat, selain jasmani tetapi juga rohani.

“Dengan sehat rohani otomatis kita manusia paripurna, kemandiriannya ada, juga bisa produktif. Oleh karena itu, RSJD Atma Husada Mahakam pasien-pasien yang telah dilakukan perawatan dengan penanganan 

Biopsikososial, agar nantinya setelah keluar dari rumah sakit bisa diterima masyarakat dan khususnya keluarganya,” papar Indah Puspitasari.(aya/sk)

Loading