Peringatan Hari Kartini, Kaum Perempuan Harus Mampu Menciptakan Generasi Cerdas

Foto suasana saat Bupati Berau memberikan beberapa hadiah kepada kaum perempuan yang telah memenangi sejumlah lomba dalam memeriahkan peringatan Hari Kartini.

Peringatan Hari Kartini, Kaum Perempuan Harus Mampu Menciptakan Generasi Cerdas

TANJUNG REDEB, Swara Kaltim – Saat ini figur perempuan di Kabupaten Berau sudah mampu duduk di garda depan untuk ikut berprestasi, baik didunia politik maupun pemerintahan. Tentunya hal itu dengan tidak melupakan fungsi kodratnya dalam rumah tangga. Hal itu terungkap pada peringatan hari kartini ke-145 yang baru diperingati Selasa (30/5/2023) di Balai Mufakat, Jl Cendana Jalan Cendana, Tanjung Redeb,, karena 21 April yang lalu berkenaan dengan bulan Ramadhan.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, Ketua TP PKK Berau Sri Aslinda, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Berau, Rabiatul Islamiyah serta undangan lainya.

Dalam sambutanya, Bupati Berau Sri Juniarsih Mas menyampaikan, saat ini cukup banyak figur perempuan di Kabupaten Berau yang telah menggaungkan prestasi. Dengan menduduki kursi pemerintahan melalui berbagai peran penting merupakan bukti atas kemampuan dirinya. Memiliki kemampuan yang juga tidak luput dari peran tugas di rumah untuk keluarga juga sebagai prioritas untuk dilakukan.

“Apalagi untuk anak-anak kita yang memiliki cikal bakal dari calon pemimpin, sehingga kita harus belajar mendidik diri sendiri untuk ditransferkan kepada anak-anak kita,” tutur Sri Juniarsih.

Membahas mengenai konteks kekinian dalam menunjukkan tanggung jawabnya untuk andil dalam memberikan keputusan publik juga dapat dilihat dari peran yang telah diperankan oleh kaum perempuan seperti ketua RT, Kepala Kampung, hingga Camat.

“Kaum perempuan dalam membangun daerah juga terbukti memberikan sumbangsih dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga,” ujarnya.

Dikatakannya, perempuan sebagai salah satu kunci dalam keluarga untuk harus bangkit dan mampu menempatkan dirinya sebagai garda terdepan, serta menciptakan generasi yang cerdas, handal, berakhlakul karimah di era modernisasi. Baginya, peran sosok perempuan atau ibu itu juga sebagai penentu utama dalam membentuk kualitas dan tumbuh kembang anak untuk masa depan kelak.

“Saya selalu mengajak pada kaum perempuan atau kaum ibu dalam memaknai hari kartini ini sebagai motivasi untuk meningkatkan hak mandiri. Karakter seorang ibu juga sebagai penentu yang mentransferkan ilmu ke anak-anak mereka,” ungkapnya.

Di samping itu, Sri Juniarsih juga menyatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau akan terus mendukung eksistensi kaum perempuan di berbagai bidang. Serta, memberikan support atas kegiatan-kegiatan pemberdayaan perempuan dalam pendidikan untuk mewujudkan kaum perempuan yang terdidik, mandiri, dan sejahtera.

“Kami juga mendukung organisasi formal maupun komunitas-komunitas majelis taklim yang perlu dihidupkan, sebagai salah satu cara membentuk karakter perempuan yang solihah,” katanya.

Sementara itu Kepala DPPKBP3A Berau, Rabiatul Islamiyah juga turut menyampaikan bahwa pada momen memperingati hari kartini ini diharapkan mampu sebagai momentum untuk selalu mengingatkan masa depan pemuda daerah.

“Tuntutan adaptasi yang tinggi dalam mewujudkan kehidupan kesetaraan gender, mampu mendorong perempuan maupun laki-laki untuk mempunyai keterampilan masa depan,” ucapnya.

Diterangkannya, kaum perempuan juga telah terbukti mampu andil sebagai motor penggerak keberhasilan pembangunan saat ini dan hingga mendatang. “Untuk itu, peringatan hari kartini ke-145 ini diharapkan harus mampu menginspirasi perempuan untuk menjadi pembangun negeri,” pungkasnya. (Nht/Asti).

Loading