Balikpapan Terpilih Menjadi Kandidat Kota Sehat 2023

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Tim Verifikasi kota sehat dari Kementerian Kesehatan RI datang ke kota Balikpapan. Hal ini mengingat, kota Balikpapan terpilih sebagai kandidat kota sehat 2023. Adapun  kegiatan validasi fisik ini dalam rangka mewujudkan kota sehat yang lebih optimal agar warga yang menetap merasa aman dan nyaman. Selasa (05/ 09/ 2023)

“Balikpapan ini memang terpilih sebagai dilaksanakannya validasi fisiknya lebih lanjut. Semoga bisa berikan harapan yang terbaik dalam rangka mewujudkan kota sehat yang lebih optimal,” kata koordinator Penyehatan Air Dan Sanitasi Dasar Direktorat Kesehatan Lingkungan, Kemenkes RI Eli Setiawati kepada wartawan disela kunjungannya di Balikpapan.

Kata Eli menjelaskan, terdapat sembilan tatanan yang menjadi variable penilaian kota sehat, Satu diantaranya adalah tatanan hidup mandiri yang sehat, khususnya kalangan masyarakat menengah ke bawah. Selain itu, pasar tradisional dan sekolah juga termasuk variable kota sehat yang optimal. Termasuk juga dalam hal sosial seperti kesiapan Balikpapan dalam menyongsong kota layak anak.

“Terakhir adalah kesiapan dan ketanggapan Balikpapan dalam menanggulangi bencana. Siap nda siap, semua harus siap ,” ujarnya.

Lanjut Eli, Kementrian Dalam Negeri berupaya mendorong pemerintah di daerah baik kabupaten dan kota untuk menguatkan konsep dalam mewujudkan kota Sehat.

“Dan itu didahului dengan dukungan dari self assessment sendiri. Selanjutnya setelah ini kawan-kawan kabupaten kota terhadap sembilan tatanan setelah itu di majukan ke provinsi untuk verifikasi dan dilanjutkan ke pemerintah pusat,” kata Eli.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan- Rahmad Masud menyambut baik terpilihnya Balikpapan menjadi kota yang di validasi fisik sebagai kota sehat.

“Harapan saya untuk Balikpapan saya ingin terbaik agar warga Balikpapan merasa aman dan nyaman,” kata Rahmad.

“Kita tunggu saja hasil validasinya apa, setelah itu kita lakukan pembenahan dan penataan selanjutnya,” sambungya.

Sebagai informasi, tim validasi kota sehat berada di Balikpapan selama dua hari. Hari pertama yakni Selasa (05/ 09/ 2023) menyambangi kawasan Dome Balikpapan, TPA Manggar, Pantai Manggar, Kampung Tangguh Bencana Lamaru, Sentra Industri Teritip, Grand City, SDIT Istiqamah, Taman 3 Generasi, DPMPTSP dan Gereja Bethany.

Hari kedua pada Rabu (06/ 09/ 2023) tim menyambangi Perumahan Sepinggan Pratama, Taman Toga, Kampung Bekantan, Puskesmas Graha Indah, Wisata Manggrove, Balikpapan Islamic Center, Pandan Sari, Sekretariat Forkohat dan PMI.

Sebelum turun ke lapangan, tim lapangan diterima Wali kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud bersama Sekda Muhaimin didampingi kepala DKK dr Andi Sri Juliarty di ruang VIP Dome, Balikpapan, Selasa (5/9/2023) pagi.(pr)

Loading