Jalan Sambaliung-Talisayan Akan Ditingkatkan

Caption: Badan jalan menuju kecamatan pesisir yang mengalami rusak parah, tepatnya jalan poros sekitar Kecamatan Tabalar

Gamalis: Dapat Kucuran Dana Kurang Lebih Rp 120 M

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Jalan poros Kecamatan Sambaliung hingga Kecamatan Talisayan, Kabupaten Berau yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) akan ditingkatkan kembali tahun 2021 ini. Menhingat pagelaran akbar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) sudah semakin dekat.

“Kebetulann ada enam (6) Cabang Olahraga (Cabor) bakal digelar di Kecamatan Biduk biduk yang mana akan melalui jalan poros Sambaliung-Talisayan tersebut. Jadi melalui Anggaran Belanja Pendapatan Daerah (APBD) Pemprop Kaltim Tahun Anggaran (TA) 2021, juga dari Dana Alokasi Khusus (DAK) jalan, untuk peningkatan jalan Sambaliung-Talisayan yang statusnya jalan provinsi itu dapat kucuran dana kurang lebih Rp 120 miliar,” ungkap Wakil Bupati (Wabup) Bumi Batiwakkal saat diminta tanggapannya via HP, Senin (12/04) kemarin.

Dari Rp 120 miliar tersebut rinciannya tambah beliau, DAK jalan sekitar Rp 70 miliar. Sisanya itu bersumber dari APBD TA 2021 Pemprov Kaltim. Memang melihat kondisi badan jalan Sambaliung-Talisayan saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) ke kecamatan pesisir kerusakan cukup parah.

Namun dengan kucuran anggaran dari Pemprop ini diharapkan peluang meningkatkan badan jalan tersebut akan maksimal. Sehingga setelah pengerjaan nantinya jalan akan lebih nyaman untuk ditempuh menuju kecamatan pesisir.

“Peluangg untuk bisa meningkatkan lebih jauh badan jalan yang ada, melalui APBD Perubahan Pemprov TA 2021 ini dan APBD Pemprov 2022 akan datang. Mudah mudahan dari peluang itu jalan menuju kecamatan pesisir mendapat porsi anggaran lagi dari Pemprov. Sehingga saat Porprov digelar sudah bagus, dan berdampak positif seiring pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) berangsur menurun bahkan kita berharap sudah hilang total. Sehingga pengunjung ke objek wisata daerah kita yang ada di kecamatan pesisir kian meningkat,” ujar Gamalis.

Untuk jalan poros simpang Lenggo Kecamatan Batu Putih hingga Kecamatan Biduk biduk lanjut petinggi kedua di Kota Sanggam tersebut, juga ada porsi anggarannya melalui APBD TA 2021 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau.

“Karenaa memang itu statusnya jalan kabupaten sehingga sudah sewajarnya daerah yang anggarkan. Namun hanya untuk dilakukan pemeliharaan saja sehingga dana yang diarahkan untuk kegiatan tersebut hanya sekitar Rp 1,6 miliar. Angka yang ada setelah adanya refocusing, sehingga kemungkinan tidak akan ada perubahan lagi. Spot spot sasaran pemeliharaan tidak ada terkhusus. Intinya jalan yang rusak sepanjangan badan jalan dari simpang Lenggo hingga Biduk biduk dilakukan pemeliharaan,” imbuh pejabat yang merupakan saudara kandung Wakil Ketua DPRD Berau Achmad Rifai dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Sanggam Maulidiyah.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Bumi Batiwakkal Agua Wahyudi menambahkan, dengan anggaran Rp 120 miliar itu kecil kemungkinan bisa tuntaskan kerusakan badan jalan yang menjadi kewenangan Pemprov tersebut.

Sebab panjang jalan dengan status provinsi mencapai 210 kilo meter dan hampir rata rata terjadi kerusakan. Saat ikuti Musrenbang beberapa waktu lalu memang jalan poros Sambaliung sampai ke simpang Lenggo, Batu Putih yang merupakan kewenangan Pemprov itu mengalami kerusakan cukup parah.

“Sampaii sampai ban mobil dinas saya saat Musrenbang itu tiga harus diganti karena pecah. Kita Berharap dari adanya kucuran dana melalui APBD Pemprov TA 2021 ini spot spot yang mengalami rusak sangat parah menjadi prioritas dibenahi,” kata belilau.

Sejauh ini akan proses pengerjaan jalan poros Sambaliung-Talisayan masih tahap akan di lelang via LPSE (Lembaga Pengadaan Secara Elektronik) di UKPBJ (Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa) Berau.

Sebagaimana pernah diberitakan sebelumnya, enam Cabor bakal diperlombakan di Biduk biduk saat Porprov tahun 2022 akan datang adalah Cabor korfball pantai, bola tangan pantai, kabaddi pantai, voli pantai, dayung dan ski air. (nht).

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts