Gubernur Kaltim Resmikan Underpass PT FKP di Jalan Nasional

Caption: Gubernur dan Wagub Kaltim didampingi Bupati Kubar mengguntingi pita peresmian jembatan (underpass) yang berada di badan jalan nasional wilayah Simpang Belusuh dan Simpang Damai, Jumat (11/6/2021).

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) H Isran Noor bersama Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Jumat (11/6/2021).

Dalam kunkernya itu sekira pukul 8.00 Wita, Isran Noor juga didampingi Bupati Kubar FX Yapan, meninjau lokasi perkebunan karet milik warga di Kampung Juaq Asa, Kecamatan Barong Tongkok dan lokasi pertanian milik petani cabai di Kecamatan Sekolaq Darat, pukul 11.00 Wita.

Kemudian setelah Salat Jumat di Masjid All Muttaqim Islamic Center Melak Kubar, Isran Noor bersama rombongan, menuju Kecamatan Damai untuk meresmikan jembatan Underpass PT Firman Ketaun Perkasa (FKP), yang dibangun sejak 2019 lalu di badan jalan Nasional Trans Kaltim, wilayah Simpang Belusuh dan Damai.

Peresmian underpass atau jembatan yang membelah badan jalan Nasional itu, dibangun dengan krangka baja beton, guna memudahkan unit alat berat pengangkut batubara yang melintas dibawahnya tidak menggunakan jalan umum. Selain itu, memberi kemudahan masyarakat pelintas di ruas jalan tersebut.

“Setelah diresmikan, underpass ini selanjutnya akan diserahkan kepada Kementerian PUPR melalui BBPJN Kaltim. Namun system pemiliharaanya merupakan tanggung jawab PT FKP, mengingat underpass tersebut berada pada ruas jalan nasional,” tegas Isran kepada wartawan.

Sementara itu, Isran Noor mengatakan, PT FKP yang merupakan member of the Bayan Group ini, telah banyak membangun infrastruktur seperti jembatan underpass dan flyover melalui dana Corporate Responsibilty (CSR).

“Underpass ini dibangun melalui kerangka baja beton dengan uji kelayakan beban  maksimum 60 ton. Semoga pembangunan underpass ini bisa bertahan lebih lama dan lebih bagus dari yang lainnya. Namun saya liat cukup lumayan bagus,” canda Isran kepada pimpinan perusahan tambang batubara itu.

Isran juga menyebut, PT Bayan Group telah banyak membangun infrastruktur, termasuk sejumlah dermaga pelabuhan yang berada di pesisir Sungai Mahakam. Salah satunya di Kota Bangun Kutai Kartenegara (Kukar).

“PT Bayan Group juga akan membangun jalan dan jembatan lintas penghubung dari Kecamatan Tabang wilayah Kukar, sepanjang 100 kilo meter. Selanjutnya juga akan dibangun rel kereta api yang saat ini telah dilakukan survey oleh PT Bayan Group melalui kerjasama dengan Negara China,” tutur Isran.

Pantauan swarakaltim.com, kunker Gubernur dan Wagub Kaltim ini, didampingi sejumlah pejabat teras Pemprov Kaltim. Selain itu juga dikawal pejabat teras Pemkab Kubar, serta pengamanan ketat dari gabungan TNI-Polri dan Satpol PP Pemprov Kaltim dan Kubar.

Peresmian underpass PT FKP ini mengakhiri rangkaian kunjungan kerja Gubernur dan Wagub Kaltim ke Kubar. Namun Gubernur masih bertahan di Ibu Kota Sendawar, yang rencananya akan mengunjungi salah satu objek wisata Gunung S di Kampung Lakan Bilem, Kecamatan Nyuatan Kubar.

Selanjutnya rombongan akan mengunjungi langsung pelaksanaan visi-misi Kaltim Berdaulat di bidang pertanian, peternakan dan perkebunan di wilayah Kabupaten Kukar.

Penulis : Alfian (SK)

Editor   : Redaksi

Publisher : Rina

Bagikan:

Related posts