Kembalikan Fungsi RTH, Tepian Mahakam Hanya Dibuka Dua Zona

SAMARINDA, Swara Kaltim
Akhirnya Wali Kota Samarinda Andi Harun telah memutuskan membuka kembali Kawasan Tepian Mahakam. Atas keputusan wali kota itu, Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso melakukan peninjauan lapangan, Rabu (23/06/2021) sore.

Dalam kesempatan itu Rusmadi didampingi Kepala Dinas PUPR Kota Samarinda Hero Mardanus Satyawan dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda Nurrahmani, serta OPD terkait.

Rusmadi mengatakan karena pemerintah belum bisa sediakan lahan pengganti, ini bisa dimanfaatkan untuk ruang ekonomi tanpa menggangu fungsi lingkungan.

Rusmadi menyebutkan jumlah PKL akan dibatasi dan kawasan untuk berjualan pun tinggal 2 zona saja karena Pemkot berencana akan mengembalikan fungsi Tepian Mahakam sebagai RTH).

Dikatakannya dua zona ini tidak termasuk di taman yang telah ditanami tumbuhan oleh pihak DLH.

Ia merincikan dua segmen yang boleh  di depan Kantor  BI (Bank Indonesia) dan di depan Kantor Gubernur. Jualannya pun menggunakan lesehan dan pakai meja.

Sementara sebagai pelaksana penghijauan, Nurrahmani menerangkan pihaknya akan memasang tali pospor yang menyala di dalam gelap lebih banyak pada saat pembukaan Tepian Mahakam kembali.

“Kalau sudah buka, kami pasangi lebih banyak di tiap tanaman. Supaya tidak ada yang menginjak,” terang Yama biasa Nurrahmani disapa.

Yama menegaskan tidak rela apabila pembukaan tersebut membuat tanaman yang telah ditanami mati kembali karena terinjak.

“Kalau sudah diatur baik, sudah dipatuhi. Tidak masalah kok,” pungkas Yama.(dho).

Bagikan:

Related posts