Walikota Balikpapan Melepas 60 Kafilah Mengikuti MTQ ke 44

Loading

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Pemerintah kota Balikpapan melepas kafilah asal kota Balikpapan yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 44 yang akan berlangsung di kota Balikpapan. Pelepasan Kafilah Balikpapan yang dilaksanakan di Aula Pemkot Balikpapan ini, di hadiri langsung Walikota Balikpapan Rahmad Masud , Asisten 1 Pemkot Balipkapan Zulkifli, Asisten 2 Pemkot Balikpapan Yusri dan OPD terkait.

Dalam sambutanya, Walikota Balikpapan Rahmad Masud menjelaskan, dalam waktu dekat ini, MTQ ke-44 tingkat provinsi Kaltim akan dimulai sebagai ajang kompetisi diantara kafilah yang mewakili setiap kabupaten kota yang ada di Kaltim.

“Kami berharap kafilah yang akan ikut dalam MTQ ini, dapat menjadi harapan masyarakat agar Kota Balikpapan meraih prestasi terbaik pada gelaran MTQ yang kali ini diselenggarakan di Kota Balikpapan,” kata Rahmad. Sabtu (13/5/’23)

Lanjut Rahmad,pihaknya optimis seluruh kafilah Kota Balikpapan dibawah binaan LPTQ telah mempersiapkan diri dengan baik dan disamping berikhtiar melalui berlatih juga tidak lupa berdoa, serta menjaga kondisi kesehatan agar nantinya bisa memberikan penampilan yang maksimal agar selain akan menjadi juara. Para pemenang juga berkesempatan mewakili Kaltim pada ajang MTQ Nasional tahun ini.
“Kami berharap target untuk kafilah Kota Balikpapan masuk tiga besar,tentunya target ini dapat diwujudkan,” tegasnya.

“Syukur-syukur apabila mampu menjadi juara umum, namun yang terpenting bahwa MTQ ini selain sebagai kompetisi, juga sebagai salah satu syiar islam agar umat semakin mencintai alquran,” sambungnya.
Rahmad berharap, semua stakeholder dan masyarakat Balikpapan sebelum pelaksanaan MTQ ini, dapat disosialisasikan sehungga terlaksana dengan meriah dan lancar.

“Ajak masyarakat untuk datang bukan hanya di venue lomba, tetapi juga di pameran dan expo yang juga diselenggarakan agar misi pelaksanaan MTQ untuk mendorong ekonomi kerakyatan juga bisa tercapai,” imbuhnya.

“Saya ucapkan selamat berjuang kepada seluruh kafilah MTQ Kota Balikpapan, kuatkan tekad jaga kebanggaan dan nama baik Kota Balikpapan, dan selalu berdoa agar target tiga besar pada MTQ ke-44 tingkat provinsi Kaltim bisa terwujud,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Balikpapan, Johan Marpaung mengatakan, untuk persiapan MTQ ke-44 tingkat Kaltim untuk persiapan sudah mencapai 90 persen, terkait persiapan peserta dari kabupaten kota dalam posisi kedatangan dan diharapkan besok sudah ada di Kota Balikpapan.

“Saat ini kafilah Balikpapan sudah dilakukan pelepasan oleh Wali Kota Balikpapan yang juga Ketua Umum LPTQ Kota Balikpapan,” ujarnya.

Lanjut Johan, untuk persiapan pembukaan MTQ sudah memcapai 95 persen dan belum ada kendala, sedangkan pawai taaruf dilaksanakan pada Senin (15/5/2023) pukul 14.00 diikuti berbagai paguyuban yang ada di Kota Balikpapan dan ormas Islam.
“Kami berharap MTQ ini bisa berjalan lancar baik dari awal hingga penutupan dan diminati dan warga antusias terhadap pelaksanaan MTQ tahun ini di Kota Balikpapan,” tutupnya.

Hal senada diungkapkan, salah satu peserta MTQ asal kota Balikpapan, Muhammad Yusuf. Menurutnya, mengikuti MTQ ke 44 tingkat Provinsi Kaltim adalah pertama kalinya. “Saya ikut ini, dikarenakan MTQ tingkat kota di Balikpapan juara satu dan dikut sertakan dalam lomba MTQ tingkat Provinsi Kaltim,” ujarnya.

Yusuf menjelaskan, adapun lomba yang diikuti ditingkat MTQ tingkat Provinsi bidang tafsir Bahasa Indonesia dan persiapanya sudah siap 100 persen untuk tanding dalam MTQ ini. “Saya menargetkan dapat juara pertama pada MTQ PRovinsi Kaltim nanti,” tutupnya.(*/pr-pk’23)