Usman Ali : Waspada, Warga di Minta Tidak Membersikan Lahan Dengan Membakar

BALIKPAPAN,Swarakaltim.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan untuk tidak membakar sampah sembarang yang dapat mengakibatkan kebakaran. Bahkan warga waspada kebakaran yang diduga akibat adanya aktivitas pembukaan lahan yang dilakukan oknum warga dengan cara membakar.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan,  Usman Ali, selama  kurun waktu satu minggu terakhir ini cukup banyak terajdi kebakaran lahan. Kejadian ini disampaikan berdasarkan laporan masyarakat dan relawan kebencanaan yang selama ini membantu untuk memonitor kebencanaan di Kota Balikpapan.

“Kami jika mendapatkan laporan kebakaran lahan ini,  maka tim BPBD langsung ke TKP untuk melakukan upaya pemadaman, hal ini dilakukan agar  supaya api tidak semakin membesar,” katanya, beberapa waktu lalu.

Lanjut Usman, pihaknya kerap mengalami kesulitan saat memadamkan api. Dikarenakan  jalur untuk pemadaman yang kadang hanya jalan setapak.

“Jadi dalam upaya pemadaman ini, kami  perlu ketepatan petugas mencari akses jalan untuk ke lokasi. Relawan juga ikut membantu dalam menginfokan jika terjadi musibah kebakaran rumah maupun kebakaran lahan,” katanya.

Dalam mengatasi musibah kebakaran lahan ini, BPBD Kota Balikpapan bekerja sama dengan Kecamatan dan Kelurahan yang ada di Kota Balikpapan untuk mengimbau dan berhati-hati terhadap sumber api.

“Untuk kebakaran lahan diimbau tidak membuka lahan dengan cara dibakar, karena rata rata berapa kejadian di Balikpapan membuka lahan dengan cara dibakar,” tegasnya.

Kemudian sama halnya antisipasi, kewaspadaan kebakaran rumah padat penduduk. Karena kondisi panas ditambah dengan angin, jika terjadi kebakaran pastinya akan sangat cepat meluas apalagi jika rumah yang terbakar itu berbahan kayu.

“Terutama, listrik dan kompor. Kami minta kepada masyarakat agar betul-betul dipastikan dalam kondisi aman,” ujarnya.

Khusus di Balikpapan, untuk wilayah yang rawan terjadinya kebakaran lahan, berada di dua lokasi yakni Balikpapan Utara dan Timur. (*/pr)

Loading