Tim Kesahatan Satgas Pamtas RI-Malaysia Adakan Sunatan Massal ke Rumah Warga

Tim kesehatan dari Yonif Raider 303/SSM saat melayani pasien orang dewasa yang baru di sunat
Tim kesehatan dari Yonif Raider 303/SSM saat melayani pasien orang dewasa yang baru di sunat

MAHAKAM ULU, Swara Kaltim – Tim kesehatan prajurit TNI dari Satuan Tugas Perbatasan (Satgas-Pamtas) Yonif Raider 303/SSM melaksanakan bakti sosial berupa pengobatan dan khitanan massal dengan cara door to door, mendatangi warga pasien hingga kerumahnya masing masing.

Bakti sosial tersebut, didimpin Letda Ckm dr.Rulli Eka Prananda bersama timnya itu menyambangi rumah warga yang akan di sunat. Yang lebih menarik lagi, tak hanya anak-anak yang menjadi pasienya, namun sejumlah orang dewasa mengikuti khitanan masal tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu anak-anak warga di perbatasan. Salah satunya AR yang berusia 22 tahun menjadi peserta dari puluhan pasien anak yang telah menjalani sunatan massal ini,” ungkap dr Rulli Eka Prananda disela kegiatannya itu, di Kampung Batu Majang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Sabtu (7/9/2019).

Melalui kegiatan itu, partisifasi dan antusias dukungan dari warga setempat menjadi gembira, pasalnya dengan keterbatasan tenaga medis maupun kondisi ekonomi yang kurang mampu, serta letak wilayah perkampungan yang cukup jauh dari pusat pelayanan kesehatan, sehingga menyulitkan warga untuk mengkhitankan anggota keluarganya.

“Sebelumnya kita diminta masyarakat yang datang ke Pos Kotis Batu Majang, untuk mendatangi ke rumah warga setempat. Dimana anak laki-lakinya hendak di sunat. Kamipun langsung mendatangi rumah warga tersebut dan sekaligus mengajak warga lainnya yang bersedia di sunat. Sebab, sunatan itu suatu langkah yang sangat baik bagi kesehatan,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan kepada warga setempat, bahwa Satgas Yonif Raider 303/SSM Kostrad dilengkapi dengan tim medis yang handal. Sehingga selalu terbuka untuk melayani kesehatan masyarakat di perbatasan.

“Kami sangat berterimakasih kepada bapak dokter dari Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM atas bantuannya kepada warga tampa membedakan dengan yang lainnya dalam melayani kesehatan. Semoga kegiatan serupa terus dilaksanakan,” imbuh Eko (55) warga Batu Majang, saat ditanya wartawan. (iyn)

Loading